Perpusda Giatkan Program Perpustakaan Desa



“Pihak desa harus terus menginformasikan tentang program ini. Sering-sering mengajak masyarakat desa untuk membaca buku. Selain tujuanya untuk menambah pengetahuan, baca buku bisa berdampak pada kenaikan IPM,”

KARAWANG, Spirit

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Karawang masih terbilang rendah. Karena itu, sepatutnya pemkab setempat terjun langsung ke tengah masyarakat arus bawah dalam memberikan pelayanan terbaiknya dalam upaya meningkatkan IPM agar menghasilkan SDM berkualitas.

Menurut Kepala Kantor Perpusda Kabupaten Karawang, Asep Maulana Miharja, pelayanan perpustakaan berpengaruh terhadap naik atau turunnya IPM di Kota Pangkal Perjuangan ini. Oleh karena itu, ia telah mematangkan program perpustakaan desa yang saat ini siap bersinergi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) di setiap kecamatan.

“Kami akan mencoba terjun langsung ke masyarakat dengan cara mengaktifkan kembali perpusatakaan desa. Kami sediakan berbagai macam buku sesuai dengan kebutuhan seperti buku ketenagakerjaan, wirausaha, teknologi, pendidikan serta lain sebagainya. Usaha kami tak lain untuk merangsang minat baca masyarakat meningkat,” kata Asep saat ditemui, Sabtu (9/1).

Asep menjamin semua kebutuhan dalam pelaksanaan program tersebut siap dipenuhi. Yang diperlukan saat ini, lanjut dia, sosialisasi berkelanjutan oleh pihak pemerintahan desa agar masyarakat setempat mengetahui adanya program perpustakaan desa.

“Pihak desa harus terus menginformasikan tentang program ini. Sering-sering mengajak masyarakat desa untuk membaca buku. Selain tujuanya untuk menambah pengetahuan, baca buku bisa berdampak pada kenaikan IPM,” ujarnya.

Meskipun anggaran perpusda tergolong kecil, dia mengaku tidak mempermasalahkannya. Terpenting dari anggaran kecil itu, menurut Asep, cukup untuk memberikan fasilitas pembaca dikantor perpusda serta mencukupi program-program lainnya yang sudah dipersiapkan.(cr2)