KARAWANG, Spirit – Diharap dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni kepada masyarakat Karawang, Komunitas pimpro, musisi, seniman dan artis (Kopi Manis) gelar acara silaturahmi dan gathering bersama masyarakat pecinta seni di Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, Sabtu (16/1/2021).

Penasihat Kopi Manis Karawang, Dadi Rusmana mengatakan, Kopi Manis adalah perkumpulan para pelaku atau pekerja seni dengan kepanjangan Komunitas Pimpro Musisi Seniman dan Artis yang peduli dan cinta kepada seni di Kabupaten Karawang.

“Pimpro di sini dalam versi kami yaitu seorang pimpinan grup musik atau kesenian-kesenian lainnya seperti Calung, Degung, Jaipongan, Topeng Banjet,” jelas pria yang akrab disapa Endad tersebut kepada sejumlah awak media, Sabtu (16/01/2021).

Dikatakannya, tujuan dari Kopi Manis adalah terciptanya insan seni yang lebih berakhlak mulia, berpola pikir luas, dan bertanggung jawab terhadap sesamanya, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral, persatuan dan kesatuan antar pekerja seni.

“Kecintaan kepada seni dari para pegiat seni, Kopi Manis ini berawal pada tanggal 15 Agustus 2019, kemudian dideklarasikan pada tanggal 6 September 2020 di Dusun Sukajaya 1 Rt/RW 01/01 Desa Kemiri Kecamatan Jayakerta,” ucapnya.

Lanjut Endad, melalui silaturahmi dan mempererat rasa kekeluargaan antar sesama pekerja seni, Kopi Manis juga diharapkan dapat membangun sistem yang amanah, profesional dan inovatif di bidang seni dan musik, serta dapat mengembangkan generasi muda yang dapat menikmati indahnya kebersamaan antara pekerja seni.

“Saat ini anggota Kopi Manis kurang lebih 2000 anggota yang tersebar di 30 kecamatan di Kabupaten Karawang,” tuturnya.

“Harapan kami untuk masyarakat karawang, Kopi Manis bisa membawa pengaruh yang positif dalam membina kerukunan, kebersamaan, kepedulian antar sesama, dan lebih lagi mencintai seni dan budaya Karawang,” imbuhnya. (ist/dar)