KARAWANG, Spirit – Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Kabupaen Karawang menggelar rapat tahunan guna membahas program kerja 2020 di Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Karawang, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019).



Ketua FK-PKBM Karawang, Heru Saleh, M.Pd, didampingi Sekretaris FK-PKBM, Asep Lesmana, S.Sos, mengatakan, dalam rapat yang dihadiri Sekretaris Disdikpora Karawang, Kabid PAUD dan Dikmas, unsur Penilik dan Pembina PKBM, pengurus PKBM se-Karawang, perwakilan Forum Tutor dan koperasi FK-PKBM, dibahas mengenai tiga program kerja, termasuk satu program kerja baru yaitu Pekan Olahraga PKBM.

“Ya, pada 2020 kami akan menjalankan tiga program kerja. Selain seleksi Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas, dan Jambore Pendidikan Nonformal yang telah kami jalankan di tahun sebelumnya (2019), kami juga akan mulai menggelar Pekan Olahraga PKBM,” ujar Heru, Selasa (31/12/2019).

Heru menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Jambore Pendidikan Nonformal dan Pekan Olahraga PKBM akan digelar pada Januari. Sedangkan seleksi Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas sekitar Februari hingga Maret.

“Adanya kegiatan Jambore Pendidikan Nonformal dan Pekan Olahraga PKBM menjadi salah satu bukti bahwa pendidikan nonformal, dengan adanya perhatian dari Pemerintah Daerah, bisa bersaing dengan pendidikan formal. Yang mana pendidikan nonformal bukan hanya sekedar pengganti, pelengkap dan penambah saja, melainkan mampu berdampingan, mengiringi, bahkan mendahului pendidikan formal,” ucapnya.

Heru menambahkan, mengenai seleksi Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas yang digelar sebagai bentuk penghargaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan nonformal khususnya PKBM, diharapkan bisa meningkatkan motivasi para pendidik dalam meningkatkan mutu pelaksanaan tugas, sehingga mampu mewujudkan pendidikan nonformal yang berkualitas dan bermartabat.

“Lebih dari itu, adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa mengantarkan kembali pendidikan nonformal Karawang meraih penghargaan di tingkat nasional,” katanya.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikpora Kabupaten Karawang, Dra. Sitti Imas Massitoh, M.Pd berharap, dengan digelarnya rapat tahunan bisa menjadikan FK-PKBM lebih optimal dalam menjalankan program kerja ke depannya.


“Apa yang masih kurang di tahun sebelumnya diperbaiki, dan yang bagus dipertahankan. Semoga dengan begitu pendidikan nonformal di Karawang, khususnya PKBM bisa lebih berkualitas dan membanggakan, salah satunya mampu memberikan kontribusi bagi Jawa Barat dalam merealisasikan target juara umum dalam kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas 2020 tingkat nasional,” tuturnya.

Terkait program kerja baru FK-PKBM yaitu Pekan Olahraga PKBM, Imas berharap bisa berjalan lancar. Dikatakannya, program tersebut sangat positif sebagai wadah bagi para warga belajar dalam menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki, khususnya di bidang olahraga.

“Mudah-mudahan dengan adanya Pekan Olahraga PKBM ini bisa melahirkan atlet-atlet andal dan berkualitas yang tak hanya membuat bangga PKBM tempat mereka belajar, tapi mampu diandalkan Karawang bahkan Indonesia dalam meraih prestasi di berbagai kejuaraan,” harapnya. (ayi/dea)