KARAWANG, Spirit



Dua atlet kempo asal Kabupaten Karawang masuk tim kempo Jawa Barat yang dipersiapkan untuk menghadapi perhelatan Pra PON (Pekan Olahraga Nasional) 2019. Keduanya yaitu Ikhsanul Arifin dan Alan Alfian.

“Ya, tahun ini dipastikan dua atlet kami akan berlaga di Pra PON yang rencananya akan berlangsung pada November mendatang di Kalimantan Selatan,” ujar pelatih kempo Karawang Rusli Muliadi, Kamis (28/3).

Dikatakan Rusli, keberhasilan kedua atletnya masuk tim Pra PON Jawa Barat karena memiliki catatan prestasi yang gemilang dalam berbagai kejuaraan. Termasuk saat berlaga di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2018.

Saat itu, baik Ikhsanul Arifin maupun Alan Alfian sama-masa menyumbangkan emas untuk kontingen Karawang. Ikhsanul meraihnya dari nomor randori kelas 60 kg putra dan embu berpasangan putra DAN I. Sedangkan Alan menyabetnya di nomor embu berpasangan putra DAN I.


“Dengan kemampuan yang dimiliki keduanya, kami optimis mereka bisa bersaing dengan atlet-atlet dari provinsi lain. Mudah-mudahan mereka bisa lolos ke PON 2020 yang berlangsung di Papua,” ucapnya.

 

Bertekad Harumkan Jawa Barat

Dihubungi terpisah, Ikhsanul Arifin mengaku siap bekerja keras dan berlatih maksimal demi mewujudkan tekad mengharumkan Karawang dan Jawa Barat di Pra PON 2019.

“Target terdekat saat ini adalah menjuarai Pra PON dan lolos ke PON 2020. Untuk itu, sisa waktu yang ada akan saya manfaatkan untuk terus meningkatkan kemampuan,” ujar atlet kelahiran Karawang 10 Desember 1997 ini.

Diceritakan Ikhsanul, saat ini persiapan yang ia lakukan adalah rutin mejalani latihan bersama dengan tim kempo Karawang setiap Sabtu dan Minggu. Selain itu, mahasiswa semester 8 jurusan PJKR Unsika ini aktif menjalani lantihan tambahan saat berada di rumah.

“Proses latihan bersama tim Pra PON Jabar masih bersifat desentralisasi. Jadi, saat ini hanya satu bulan sekali kami menjalani latihan bersama. Mohon doanya saja agar di Pra PON, saya dan Alan bisa meraih yang terbaik dan lolos ke PON,” katanya. (ayi)