DPRD Minta Karawang Waspada Cegah Penularan Covid-19

KARAWANG – Anggota DPRD Kabupaten Karawang Fraksi Partai Demokrat, Oma Miharja Rizki (OMR) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dan seluruh elemen masyarakat waspada dan aktif melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19. Pasalnya, dalam keterangan Kementerian Kesehatan, Indonesia saat ini menunjukkan adanya peningkatan tren kasus Covid-19.

“Kita semua tak perlu panik, tapi harus tetap waspada. Terlebih Kemenkes telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus Covid-19 yang ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten atau kota, kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat, direktur rumah sakit, kepala puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di seluruh Indonesia,” ujar OMR, Kamis (14/12/2023).

OMR menjelaskan, dalam SE Kemenkes tercantum beberapa imbauan seperti memastikan tenaga kesehatan yang bekerja di pintu masuk mendapatkan perlindungan yang optimal dengan melengkapi dosis vaksinasi Covid-19 baik primer maupun lanjutan (booster) sesuai ketentuan, memastikan seluruh puskesmas dan fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) lainnya yang berada di wilayah kerjanya untuk melakukan penemuan kasus secara aktif dan pasif, serta dilanjutkan pemeriksaan laboratorium menggunakan RDT-Ag Covid-19 maupun RT-PCR.

Kemudian, memastikan seluruh puskesmas dan fasyankes lainnya yang berada di wilayah kerjanya tetap memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19, dan memastikan ketersediaan vaksin, hingga menindaklanjuti laporan penemuan kasus Covid-19 dari fasyankes dengan tetap melakukan pelacakan kontak erat.

“Masih ada beberapa imbauan lainnya yang ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan kita semua. Saya berharap Karawang bisa mengikuti imbauan tersebut agar upaya pencegahan bisa berjalan maksimal,” ucap Sekretaris DPC Partai Demokrat Karawang ini.

Selain itu, OMR mengimbau masyarakat Karawang termasuk siswa untuk kembali menerapkan protokol kesehatan, terutama disiplin menggunakan masker ketika beraktivitas di ruang publik. Apalagi saat ini akan datang libur natal dan tahun baru yang berpotensi terjadinya kerumunan.

“Masyarakat juga harus aktif menjaga kesehatan seperti rutin berolahraga dan dibiasakan mencuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun. Terlebih sekarang sudah masuk musim penghujan, jadi harus lebih ekstra menjaga kesehatan,” kata OMR.

Lebih lanjut OMR berharap, kasus Covid-19 di Indonesia bisa segera teratasi agar tidak terus mengalami peningkatan. “Semoga Covid-19 di Indonesia tidak terus menyebar dan segera hilang seratus persen,” harap OMR. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email