KARAWANG, Spirit – Diawali dengan pembacaan lampiran Surat Keputusan DPD Apersi Jawa Barat No.026/skep/dpd jabar/II/2020 pada 19 Februari 2020 tentang struktur organisasi dan susunan personalia pengurus Apersi Korwil IV masa bakti 2018 – 2022 yang ditetapkan di Bandung 19 Desember 2019.



Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jawa Barat, Rd. Gunawan Sumadikara bersama sekertaris DPD Apersi, Abun Yamin Syam lantik dan kukuhkan pengurus Apersi Wilayah IV (Kabupaten Karawang, Purwakarta dan Subang) baru-baru ini, Rabu (19/2/2020) di Hotel Mercure Karawang.

Dilanjutkan kata-kata pelantikan serta penyerahan pataka dari Ketua Apersi Jawa Barat, Rd Gunawan Sumadikara kepada Ketua Apersi Korwil IV Hj Permasari Dewi, SE yang disaksikan DPP Apersi, Sekda Karawang serta anggota Apersi di Kabupaten Karawang.

Ketua DPD Apersi Jawa Barat, Rd Gunawan Sumadikara mengatakan, banyak tantangan bagi pengurus baru dalam menjalankan amanah organisasi. Dengan semakin banyaknya anggota, menurutnya dibutuhkan sinergitas antara pengurus Korwil dengan pengurus DPD dan DPP Apersi.

Di tempat yang sama, sekretaris DPD Apersi Jawa Barat, H. Abun Yamin Syam mengatakan ketua DPD Ketua DPD Apersi Jawa Barat Rd Gunawan Sumadikara disaksikan ketua DPP Apersi secara melantik pengurus Apersi Korwil IV dimana Kabupaten Karawang termasuk didalamnya.

“Wilayah IV ini ada 3 Kabupaten, Karawang, Purwakarta dan Subang, untuk keanggotaan sendiri Karawang sangat luar biasa hampir mencapai 250 pengembang,” tutur Abun kepada Spirit Jawa Barat, usai acara.

Sebagai kepanjangan tangan dari DPD Jawa Barat, lanjut Abun, Korwil IV diharap bisa melaksanakan tugas dan kewajibannya untuk bisa membantu anggotanya di masing-masing wilayah guna mewujudkan program pemerintah pusat 1 juta rumah.

“Kita juga melantik ketua DPD Sergap Jawa Barat, Sergap itu apa? Sergap ialah Sejuta Rumah Gerakan Apersi Anti Pungli. Kita akan menampung aspirasi-aspirasi dari teman teman anggota kita,” ujarnya.

Sekecil apapun permasalahan yang ada, Sergap akan tampil untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala para pengembang, karena tujuan Sergap sendiri ialah membantu pelayanan kepada pengembang-pengembang, terkait masalah perizinan, masalah penyelesaian sertifikat, dan lain sebagainya.

“Kita akan hadir disana. Permasalahan dilapangan banyak, seperti masalah perizinan lambat, pembuatan sertifikat segala macam lambat, peraturan pemerintah melalui PP nomor 64, itu banyak kemudahan-kemudahannya khsusunya untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa Sergap merupakan pokja DPP Apersi, yang bernaung di Menkopolhulam RI, masalah-masalah termasuk pungli-pungli dilapangan. pihaknya akan terus mensosialisasikan mengenai pungutan liar (pungli) yang kerap terjadi.

“Sergap akan sounding dengan waka polres, selaku saber pungli Kabupaten. Kami imbau kepada seluruh anggota Apersi Jawa Barat dan Indonesia, kami Sergap hadir dan ada untuk anggota Apersi,” tuturnya.

Sementara itu, ketua Korwil IV Apersi Karawang, Subang, Purwakart, Permatasairi Dewi mengatakan sebagai ketua Korwil IV, ia akan membantu para pengembang untuk lebih mudah lagi dalam mangadakan akad kredit dan program subsidi di 2020 ini.

“Kami akan membantu program pemerintah untuk menyiapkan sejuta rumah. Dengan adanya Apersi ini sebagai penyambung lidah pemerintah pusat, dan di Karawang bisa menjadi wadah keluh kesah para pengembang untuk bisa segera ditindak lanjut, ” pungkasnya.

Berikut susunan pengurus Apersi Korwil IV Jawa Barat,

Ketua Hj Permatasari Dewi, SE
Sekretaris I: Ata Sabnata, SE
Sekretaris II: H. Dedi Sukasa, SE
Bendahara I: Hj. Ida Jubaedah
Bendahara II: Dede Yetti
Koordinator Purwakarta
Ketua: Halid Muksid Fajri
Bidang Hukum: Yaya Taryana, SH., MH dan Ujang Suhana, SH
Bidang Perizinan: Devid Feizar Montana, SH
Bidang Humas: Putut Budi Lelono, ST, SH dan Dedi Bedoy
Koordinator Subang
Ketua: H. Ahmad Rifai
Sekretaris: Ali Muhsid Ys.
Bendahara: H. Agus Prabanto
Bidang hukum: H. Muhammad Sobandi
Bidang Perizinan: Ade Mulyana
Bidang Humas: Gugun Gunawan dan Ernawan
Bidang ITE: M Yudi Arpat. (ist/dar)