KARAWANG, Spirit – Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kunjungi lokasi bakal pasar Proklamasi Rengasdengklok yang tengah dalam tahap penyelesaian oleh PT Visi Indonesia Mandiri (VIM), Senin (30/5/22).

“Kita nggak sidak ya, kita ingin mengetahui proses pembangunan yang sudah lama yang hampir 2 tahun ini yang secara regulasi tidak ada masalah, dan saya lihat prosesnya juga baik dan bagus. Tinggal kami, juga perlu komunikasikan dengan semua aspek untuk mendengarkan aspirasi dari seluruh masyarakat, tapi kalau dilihat secara keseluruhan pembangunan sudah 90%, nanti adapun kendala-kendala di lapangan kami akan carikan solusi yang terbaik,” ucapnya.

Pembangunan pasar Proklamasi dalam rangka merelokasi para pedagang di pasar Rengasdengklok lama yang menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat, dianggapnya hal yang wajar.

“Ya kan begini namanya suatu kebijakan, ada pro dan kontra adalah hal yang wajar. Tapi kalau sebagian besar pro, tinggal nanti yang kontra kita carikan solusi untuk dikomunikasikan maunya seperti apa,” tegas Bupati.

Di tempat yang sama, Manager PT. VIM, Agung menegaskan pembangunan pasar Proklamasi akan segera selesai.

“Memang pembangunan agak terlambat dikarenakan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 dan semakin lama pembangunan cashflow juga semakin membengkak, lebih cepat lebih baik,” jelas Agung.

Masih menurut Agung, Pemkab Karawang berkeinginan pada HUT Karawang, September tahun 2022 ini pasar Proklamasi sudah bisa diserahterimakan, tapi pihaknya menganggap Riskan hal tersebut.

“Diharapkan pada bulan Oktober pihak Pemkab dan PT. VIM bisa mempersiapkan para pedagang untuk pindah, mengingat sejumlah kendala yang ada dan yang utama adalah kelayakan tempat usaha yang untuk pindah, ya mudah-mudahan, sarana Listrik, Air dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) bisa selesai secara keseluruhan,” harapnya.

Lebih lanjut, Agung berharap, Pemkab Karawang terus melakukan sosialisasi secara tertulis dan door to door kepada para pedagang informasi untuk segera menyelesaikan administrasi kepindahan para pedagang ke pasar Proklamasi.

“Kita telah menyiapkan 1160 los dan kios bagi para pedagang dan sudah ada 750 pedagang yang telah mendaftarkan diri untuk mengisi pasar Proklamasi,” katanya mengakhiri. (red)