KARAWANG, Spirit – Kompetisi Liga Cilamaya Championship 2020 resmi bergulir. Duel Braja FC Cilamaya Kulon vs Pajar Sakti FC Klari dan Persikos FC Tempuran melawan Pangasinan FC Cilamaya Kulon di Lapang Sepakbola HM Nata S, Desa Bayur Lor, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat, Rabu (1/1/2020), menjadi dua laga pembuka.



Ketua Panitia Liga Cilamaya Championship 2020, H. Bayu Gunawan, mengatakan, kompetisi yang mendapatkan support dari Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari atau Kang Jimmy, akan berlangsung selama 8 bulan mulai Januari hingga Agustus 2020.

“Alhamdulillah, hari ini liga mulai bergulir. Diawali pertandingan Grup A yang mempertemukan Braja FC versus Pajar Sakti yang berakhir 2-2, dan Grup B antara Persikos FC menghadapi Pangasinan FC dengan skor 3-2,” ujar H. Bayu, Rabu (1/1/2020).


Dijelaskan H. Bayu, kompetisi yang memperebutkan trofi, sertifikat, dan uang pembinaan diikuti 24 klub yang terlebih dulu bersaing di fase grup. Klub peserta, lanjut dia, telah dibagi ke dalam 4 grup dengan dihuni masing-masing 6 klub setiap grupnya.

“Nantinya penghuni empat besar setiap grup berhak melaju ke babak 16 besar. Untuk babak penyisihan grup akan berlangsung mulai 1 Januari sampai 19 Juli. Sedangkan babak 16 besar hingga final mulai 25 Juli sampai 16 Agustus,” ucapnya.

H. Bayu menambahkan, pada akhir kompetisi, selain akan memperebutkan juara 1, juara 2 dan juara 3 bersama, panitia juga telah menyiapkan penghargaan bagi pelatih terbaik, pemain terbaik dan top skor.

“Semoga liga musim ini berjalan lancar. Kami juga berharap adanya liga ini bisa semakin mempererat tali silaturahmi antar klub yang terlibat, dan yang paling utama yaitu muncul pemain-pemain muda berbakat dan berkualitas yang nantinya bisa diandalkan Karawang dalam menghadapi berbagai kejuaraan, maupun oleh klub-klub Karawang yang berkompetisi di Liga 3,” harapnya.

Lebih lanjut H. Bayu menyebutkan, 24 klub yang terlibat yaitu Braja FC Cilamaya Kulon, Ngeri FC Telukjambe, Purwasakti FC Tempuran, Gumilar FC Rengasdengklok, Pajar Sakti FC Klari, Guntur FC Cilebar, Pangasinan FC Cilamaya Kulon, Persikos FC Tempuran, PDM FC Cilamaya Kulon, PSM FC Cilamaya Kulon, Sancis FC Tempuran, Ireka FC Purwasari.

Kemudian Muara Gemilang FC Pedes, Cilamaya United U-17 Cilamaya Kulon, Pratama FC Tirtamulya, Bima FC Tempuran, Acon FC Cikampek, PSG FC Banyusari, Satria FC Tempuran, Paramuda FC Cikampek, GLS FC Purwasari, Bihbul FC Jatisari, JSC FC Cilebar, dan Sonic FC Tempuran. (ayi)