KARAWANG, Spirit – Masih di tengah himpitan ekonomi dampak penyebaran Covid-19, penderitaan masyarakat dipastikan bertambah. Akibat intensitas hujan yang tinggi pada hari ini, Rabu, (3/2/2021), sejumlah daerah di Kecamatan Rengasdengklok kebanjiran.

Selain disebabkan oleh hujan yang terjadi mulai pukul 22.00 WIB hingga saat ini, banjir juga disebabkan oleh minimnya sarana saluran pembuangan air (drainase).

Seperti yang terjadi di Dusun Blokkraton, Desa Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok. Salah seorang warga Dusun Blokkraton, Adin melalui akun facebooknya mengunggah video kondisi terkini Dusun tersebut yang digenangi air.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kabupaten Karawang dari fraksi Gerindra menegaskan pembangunan infrastruktur (saluran pembuangan air/drainase) yang menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten dan pemerintah desa bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindari banjir kembali terjadi.

“Tak kalah penting, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya atau tidak sembarangan juga menjadi pendukung usaha pemerintah untuk mengatasi masalah banjir ini. Karena sebanyak apapun pemerintah melakukan pembangunan infrastruktur (drainase) tapi akan percuma jika tidak ditunjang oleh kesadaran masyarakat itu sendiri,” tegas Nana, Selasa (2/2/2021).

Menurut pantauan spiritjawabarat, pada hari ini banjir juga melanda sejumlah daerah di wilayah Kecamatan Rengasdengklok. Antara lain, Dusun Kalijaya II dan Dusun Cikangkung Timur, Desa Rengasdengklok Utara. Dusun Blokkraton, Warudoyong Selatan, Warudoyong Utara, dan Dusun Bojongkarya I, Desa Rengasdengklok Selatan. (dar)