KARAWANG, Spirit – Pemerintah Desa (Pemdes) Rengasdengklok Selatan, Kecamatan Rengasdengklok, Dibantu Babinsa, Bhabinkamtibmas serta beberapa elemen masyarakat, akhirnya bangun kembali rumah mak Ruminah (65) warga Dusun Warudoyong Utara RT.36 RW.08 yang roboh setelah semalaman diguyur hujan lebat, Jumat (10/1/2020).




Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, Darim mengatakan dengan melihat kondisi mak Ruminah yang sudah sangat mengkhawatirkan akhirnya Pemdes Rengasdengklok Selatan memutuskan untuk langsung membangun kembali rumah mak Ruminah, meski sebelumnya telah diajukan ke dinas terkait untuk mendapat kan bantuan.

“Melihat kondisinya ini tidak bisa dibiarkan menunggu, sementara kita juga telah mengajukan bantuan ke dinas terkait, hanya masih menunggu beberapa waktu. Jadi kita putuskan untuk segera membangun kembali rumah tersebut dengan bergotong royong, dari tenaga hingga biaya,” jelas Darim kepada Spirit Jawa Barat, Jumat (10/1/2020).

Gusdurian Karawang Serahkan Bantuan untuk mak Ruminah

Robohnya rumah mak Ruminah yang sebelumnya ramai diberitakan beberapa media online pun membuat komunitas Gusdurian Karawang ikut turun menggalang dana untuk membantu membangun kembali rumah tersebut.

Dikatakan ketua Gusdurian Karawang, Ahmad Rohiman, berawal dari informasi yang didapat dari salah seorang anggotanya, Gusdurian Karawang pun berinisiatif membantu mak Ruminah dengan menggalang dana yang menurutnya memang kondisi mak Ruminah perlu dibantu.

“Awalnya kita akan melakukan penggalangan dana buat mak Ruminah selama tujuh hari kedepan, tetapi saat mengetahui Pemdes setempat telah membangun rumah mak Ruminah, kita putuskan untuk menyerahkan bantuan saat ini. Kedepan kita lihat, apabila masyarakat masih menyalurkan bantuannya melalui Gusdurian, kita akan tetap menyampaikannya dan terus memantau kondisi mak Ruminah,” jelasnya.

Selain menyerahkan bantuan berupa dana untuk membeli sebagian material bangunan, Gusdurian Karawang juga memberikan sejumlah bahan makanan pokok kepada mak Ruminah dan juga turun langsung membantu proses pembangunan rumah mak Ruminah bersama masyarakat sekitar serta Pemdes Rengasdengklok Selatan. (dar)