KARAWANG, Spirit



Para lulusan SMK PGRI 2 Karawang yang masih menganggur, tampaknya tak bakal sulit dalam merealisasikan ilmunya. Melalui Bursa Kerja Khusus (BKK), pihak sekolahnya telah mampu memberikan penyaluranya.

Relatif tak kalah dengan pihak Disnakertrans yang memang bertugas menyalurkan tenaga kerja, BKK SMK PGRI 2 Karawang juga mampu menjawab keinginan para mantan siswa. Malah akhirnya bukan melulu mantan siswa sendiri, melainkan mantan siswa dari sekolah lain.


“Alhamdulillah. Hampir semua mantan siswa dan pencari kerja lulusan sekolah lain, bisa kami salurkan,” kata Ketua BKK SMK PGRI 2 Karawang, Endang Rohmat, S.S.T. saat ditemui di lingkungan kantornya, Jalan Pangkal Perjuangan, Karawang Barat, Kamis (13/9).

Menurut Endang, BKK SMK PGRI 2 Karawang awalnya lahir sesuai pengakuan pihak Disnakertrans Karawang. Namun sesuai perkembangan, belakangan ini statusnya menjadi LPTKS (Lembagga Penyalur Tenaga Kerja Swasta) PT. Multi Dharma Persada sesuai izin operasionalnya No. 503/6739/4/IOPTKS/VII/DPMPT, 26 Juli 2018.

Motivasi kelahiran BKK, diakui Endang yang ditemani wakilnya, H. Ali Amran, S.E, antara lain guna membantu para alumni mudah mendapat pekerjaan. Walaupun dalam perkembangannya, ternyata juga bisa membantu masyarakat luar, ketika rata-rata para alumninya sendiri senantiasa relatif tak bersisa.

Kata Endang yang juga Kepala SMK PGRI 2 Karawang, selama ini relatif banyak perusahaan yang bermitra dengan BKK. Karena itu, penampungan mantan siswa pencari kerja yang dibukanya pun bertambah. Setiap harinya, rata-rata mampu menampung 50-60 pencari kerja.

Dan alhamdulillah, H. Ali Amran menambahkan, relatif semua bisa disalurkan.

“Memang tidak langsung karena harus ikut seleksi. Dan semuanya juga tergantung kemampuan alumni sendiri,” kata Ali Amran.

Dia mencontohkan dalam seleksi yang biasanya digelar, jumlah pesertanya bisa mencapai seratusan orang, padahal yang bakal diterima hanya setengahnya.

“Dalam seleksi seperti ini, maka tentu kemampuan peserta sendiri yang menentukan,” tandas Ali Amran.

Sementara itu dalam operasionalnya, BKK SMK PGRI 2 Karawang ditangani tenaga kerja yang khusus yakni Wanda, Laras dan Bunga. Selain itu terkadang juga melibatkan siswa Prakerin, seperti terakhir ini diisi Nadya. (ayi/dea)