KARAWANG, Spirit – Bagian dari program pembinaan kepribadian bagi warga binaannya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Karawang laksanakan giat penghapusan tato, Rabu (10/11/21).

Program yang di inisiasi Lapas IIA Karawang ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2021 dan berhasil merebut animo warga binaan. Tak kurang dari 35 orang warga binaan Lapas Kelas IIA Karawang ini pun ikut menghapus tatonya dengan menggunakan metode sinar laser. Hal tersebut dikatakan Kasi Binadik Lapas Kelas II A Karawang, Kamesworo, kepada sejumlah awak media.

Dikatakan Kamesworo, proses penghapusan tato diperkirakan memakan waktu kisaran 30 menit, tergantung pada tingkat kerumitan, warna, hingga ukuran tato itu. Dan kegiatan itu pun merupakan bentuk dukungan Lapas IIA Karawang bagi warga binaan yang hendak berhijrah ke arah yang lebih baik lagi.

“Antusias warga binaan untuk menghapus tatonya sangat tinggi. kedepannya kami akan secara berkesinambungan menjadikan hapus tato ini menjadi program tetap,” ungkap Kamesworo.

Para warga binaan Lapas IIA Karawang selain mendapatkan pembinaan kerohanian dan jasmani, mereka juga akan dibekali dengan pendidikan keahlian dan fasilitas pendukung seperti penghapusan tato permanen.

“Kami berharap mereka warga binaan mendapatkan fasilitas dari kami, sehingga saat mereka kembali ke masyarakat lebih percaya diri dan menjadi pribadi yang baik dengan tidak mengulangi perbuatannya kembali,” katanya.

“Tentunya jika tato mereka bisa dihapus, bisa menjadi satu kebahagiaan tersendiri bagi mereka, bahwa mereka telah mulai hijrah ke arah yang lebih baik. Kami dukung,” imbuh Kamesworo. (ist/red)