KARAWANG, Spirit



Atlet dayung asal Kabupaten Karawang berhasil menyumbangkan empat medali bagi kontingen Jawa Barat (Jabar) dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Dayung 2018.

Ketua Harian PODSI Karawang Irwan Setiawan, melalui Bendahara Alia Maedina mengatakan, empat medali diraih melalui dua atlet yaitu Melani Putri (2 emas, 1 perak) dan Asep Nandang (1 emas).

“Sebenarnya ada lima atlet yang turun di Kejurnas. Namun tiga atlet lainnya yaitu Ambar Koriani, Amanda Meiland Yahya dan Annisa Meiland Yahya belum meraih medali,” ujar Alia, Jumat (16/11).

Dijelaskan Alia, medali emas disumbangkan dari nomor rowing LW1X, LW2X (Melani Putri) dan LM4- (Asep Nandang). Sedangkan perak dari nomor rowing W4X (Melani Putri).


Atlet dayung Karawang, Melani Putri (kaos putih) saat sesi pengalungan medali.

“Ini tentunya merupakan kemajuan yang signifikan bagi dayung Karawang. Apalagi sebelumnya kami juga berhasil meraih 3 emas, 3 perak dan 3 perunggu saat berlaga di Porda Jabar Oktober lalu,” ucap perempuan yang menjabat sebagai manajer tim dayung Jabar ini.

Berkat sumbangan empat medali tersebut, Jabar total mengoleksi 17 medali emas, 11 perak dan 6 perunggu dalam Kejurnas yang berlangsung di Jakabaring Rowing & Canoeing Regatta Course, komplek Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, 4-10 November 2018.

Tim yang dilatih Suryadi dan kawan-kawan keluar sebagai juara umum mengalahkan kontingen lainnya dari berbagai provinsi termasuk Jambi yang menempati posisi kedua (4 emas, 5 perak dan 1 perunggu) dan DKI Jakarta di posisi ketiga (4 emas, 3 perak dan 5 perunggu).

“Alhamdulillah dari total 69 atlet yang dikirmkan, Jabar bisa meraih 34 medali dan menjadi yang terbaik. Pencapaian ini menjadi modal berharga dalam persiapan menghadapi babak kualifikasi PON 2019 dan PON 2020,” katanya. (ayi/dea)