KARAWANG, Spirit



Berlaku sebagai inisiator, Vera Febyanthy nampak terharu melihat penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia berupa bantuan sarana pra panen dan pasca panen kepada petani dan warga Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang. Selasa (12/3/2019).


Diakuinya, bantuan dari Kementan dan KKP itu merupakan inisiatif dirinya yang mengajukan permohonan bantuan kepada Kementan dan KKP untuk Desa Pamekaran, Kecamatan Banyusari. Masih menurut wanita yang akrab disapa Teh Vera tersebut, ia memang konsen terhadap kesejahteraan masyarakat yang berprofesi petani dan nelayan.

“Jujur saja, saya terharu. Atas usulan saya, ternyata ditanggapi dengan baik,” katanya kepada Spirit Jawa Barat.

Lebih lanjut, Teh Vera ingin menjaga Karawang agar tetap menjadi lumbung padi nasional dan berterimakasih kepada petani yang bekerja keras demi menjaga ketahanan pangan negara.

“Selain memberi bantuan, kita juga berusaha agar harga gabah tetap stabil untuk mensejahterahkan para petani,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Brahmantya Satya Murti Poerwadi mengaku senang dengan adanya program ekspose yang menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam membantu masyarakat.

“Selain mengapresiasi pemerintah daerah yang juga membantu pemerintah pusat, saya ucapkan juga terima kasih kepada Teh Vera atas inisiatifnya pada kegiatan penyerahan bantuan baik dari Kementan ataupun KKP ini,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Anggota IV BPK RI, Rizal Djalil secara khusus mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Teh Vera yang menjadi inisiator dalam program bantuan itu. Rizal menuturkan, semua masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya untuk kepentingan umum.

“Ke depan, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi, termasuk teman-teman wartawan. Karena pemerintah juga perlu kontrol dari masyarakat untuk kemajuan,” kata sosok yang bergelar Profesor ini.

Diketahui, bantuan yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan dari Dirjen Perikanan Budidaya yakni 100 ribu benih ikan lele, 100 ribu benih ikan nila. Sementara, dari Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan, Ice Flake Machine sebanyak 1 unit dan Cast Freezer sebanyak 4 unit.

Selain itu ada juga bantuan dari Dirjen Pengelolaan Ruang Laut, yakni Gudang Garam Nasional 1 unit, Excavator 1 unit, Truk Pengangkut Garam 1 unit, dan TV (CSR Panasonic) 1 unit.

Dan juga ada bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) pra panen yang diberikan oleh Kementan diantaranya Traktor Roda Dua 10 unit, Cultivator 5 unit, Pompa Air 4 inchi sebanyak 10 unit dan Alsintan Pasca Panen yakni Power Thresher Multiguna sebanyak 5 unit. (rls/dar)