KARAWANG, Spirit – Sebanyak 156 siswa menjalani Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Paskibra Kabupaten Karawang angkatan 2020 yang mengusung tema “Bersatu untuk Indonesia Maju” di SMAN 5 Karawang, 22-24 Desember 2019



Penanggung jawab kegiatan, Risman Maulana mengatakan, 156 peserta berasal dari 46 SMA/SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Karawang.

“Ini adalah kegiatan rutin Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Karawang. Para peserta dibekali ilmu oleh pemateri yang berasal dari PPI, Kodim, Polres, BPBD, dan PMI,” ujar Risman, Senin (23/12/2019).

Dijelaskan Risman, dalam kegiatan yang dibuka Kasi Pemuda, Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Kosasih, peserta mendapatkan materi mengenai pendidikan pendahuluan bela negara, teori dan praktek peraturan baris berbaris, teori dan praktek etika dan kepaskibraan, teori dan praktek kepemimpinan.

Kemudian praktek tata upacara sipil, sejarah bendera merah putih, penanggulangan kenakalan remaja dan bahaya narkoba, sejarah perjuangan bangsa, pembinaan iman dan taqwa, mental dan ideologi, pertolongan pertama gawat darurat, teori dan praktek kedisiplinan, sejarah paskibra, halang rintang, wawasan kebangsaan, dan water rescue.

Semua itu, lanjut Risman, bertujuan untuk melatih kedisiplinan, membentuk karakter anggota paskibra Karawang, meningkatkan nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar, dan membekali anggota paskibra tentang dasar-dasar kepaskibraan.

“Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar anggota paskibra dan memperingati hari jadi ke-30 Purna Paskibraka Indonesia tahun ini,” ucapnya. (ayi/dea)