Warung Sedekah dan PT Monokem Surya Bersama Forkopimcam Rengasdengklok Bakal Bangun 2 Rumah untuk Warga Amansari

Belasan Tahun Tinggal di Lahan Milik Orang Lain

KARAWANG, Spirit – Warung Sedekah, PT. Monokem Surya, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam/Camat, Kapolsek, Danramil) Rengasdengklok dan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum sektor 19, bakal segera bangun dua rumah untuk keluarga Kandi alias Edoy (67), dan keluarga Maryati (54) warga Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Tujuh belas tahun tinggal di sebuah gubuk berdinding karung yang dibangun di atas lahan yang bukan miliknya, Kandi alias Edoy bersama istrinya, Kardiyah (44) ini pun tak banyak berdaya saat pemilik lahan yang telah berbaik hati mengijinkannya tinggal selama belasan tahun tersebut akan menggunakan lahannya tersebut. Begitupun halnya Ibu Maryati seorang janda yang juga selama belasan tahun juga tinggal di rumah di atas lahan yang sama.

Kondisi bangunan rumah Bapak Kandi (Edoy) yang dibangun di atas lahan milik orang lain.

Kandi yang memiliki 5 orang anak ini pun hanya bekerja serabutan (dengan jenis pekerjaan membersihkan rumput di halaman rumah tetangga, kadang merapikan dagangan warung milik orang) untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Diakuinya, sudah hampir tiga tahun ini, untuk makan pun dibantu oleh PT. Monokem Surya.

“Setiap hari, hampir selama tiga tahun ini dikirimi sejumlah nasi kemasan oleh PT. Monokem Surya. Kondisi sudah tua, hanya bisa mengerjakan pekerjaan ringan, suka nolak kalau ada pekerjaan berat,” kata Kandi, yang juga sempat terkena sakit stroke sebelumnya, Kamis (6/6/24).

“Lahan rumah yang saya tempati ini akan digunakan pemiliknya (Hj. Engkom). sudah belasan tahun saya diijinkan tinggal di sini,” katanya lagi.

Ibu Maryati duduk di depan rumahnya yang dibangun di atas lahan milik orang lain.

Di tempat terpisah, Owner Warung Sedekah, Tengku Kaharuddin mengatakan kegaiatan sosial yang dilakukan pihaknya bersama PT. Monokem Surya untuk masyarakat telah berlangsung lama dan bukan hanya saat ini.

“Sejauh ini PT Monokem Surya dan Warung Sedekah sudah membangun 7 rumah untuk masyarakat sekitar perusahaan dan untuk kali ini, Warung Sedekah dan PT. Monokem Surya bersama Forkopimcam Rengasdengklok dan Satgas Citarum Harum Sektor 19 membantu keluarga pak Kandi (Edoy) dan keluarga Ibu Maryati membangun tempat tinggalnya. Ini kita lakukan semata-mata untuk menginspirasi masyarakat yang memiliki kemampuan finansial untuk mau berbagi atau membantu masyarakat lainnya yang membutuhkan,” kata pria yang akrab disapa Tengku ini kepada awak media.

Kardiyah (istri Kandi) saat terima bantuan sejumlah nasi kemasan setiap harinya dari PT. Monokem Surya, selama hampir 3 tahun berjalan.

Sementara itu, Camat Rengasdengklok, Dede Tasria menjelaskan kegiatan dilakukan oleh Warung Sedekah dan jajaran Forkopimcam karena kurangnya persyaratan para calon Keluarga Penerima Manfaat untuk mendapat program bantuan dari Pemerintah Kabupaten Karawang.

“Jadi untuk pembangunan rumah pak Kandi dan Ibu Maryati l ini kita tidak bisa ajukan melalui program Rulahu Pemkab Karawang, karena pak Kandi (Edoy) tidak memiliki lahan sendiri. Jadi Warung Sedekah Bersama Kita (Forkopimcam) membantu dengan membangunkan rumah untuk keluarga pak Kandi (Edoy) di lahan garapan yang juga telah kita siapkan,” jelas Camat. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email