Sukses dengan Buah Manggis, Kini Dinas Pertanian Purwakarta Budidaya Buah Durian

PURWAKARTA, Spirit – Setelah sukses dengan hasil holtikuktura berupa buah manggis, kini Dinas Pertanian Purwakarta kembali membuat kejutan baru dengan menanam pohon durian.

Penanaman buah durian disebar di berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Purwakarta, puluhan ribu pohon durian sudah ditanam oleh masyarakat.

Dalam beberapa kurun waktu kedepan diharapkan para petani di Kabupaten Purwakarta menjadi penghasil buah durian untuk pangsa pasar nasional.

“Upaya telah kita lakukan, diharapkan nanti buah durian yang dihasilkan bisa diekspor seperti buah manggis. Atau minimalnya memasuki pangsa pasar Nasional,” kata Sri Jaya Midan, Kepaala Dinas Pertanian Kabupaten Purwakarta, baru-baru ini.

Data dari Dispangtan Purwakarta menyebutkan, sedikitnya 750 hektare lahan perkebunan sudah disiapkan untuk pengembangan budidaya komoditas buah durian.

Sebanyak 75.012 pohon durian berbagai jenis varian dan umur sudah ditanam di areal perkebunan tersebut. Dari jumlah itu, 25.134 pohon durian di antaranya sudah memasuki usia produktif.

Ratusan hektare lahan yang tersebar di 11 kecamatan disiapkan untuk mengembangkan buah durian, yang meliputi Kecamatan Pondoksalam, Cibatu, Wanayasa, Bungursari, Campaka, Pasawahan, Sukasari, Plered, Tegalwaru, Purwakarta, dan Kecamatan Darangdan.

“Peluang pasar komoditas buah durian masih terbuka sangat besar, baik pasar nasional maupun pasar internasional. Peluang itu harus kita manfaatkan dengan baik,” jelas Midan.

Bahkan dalam beberapa waktu kebelakang, saat memasuki musim durian, pasar lokal mulai dipenuhi hasil durian dari kebun-kebun petani asli purwakarta.

“Di musim durian kemarin, banyak para pedagang durian yang mengambil buah durian secara langsung dari para petani di Purwakarta. Jadi, buah durian lokal purwakarta sudah mulai bisa dinikmati oleh masyarakat,” tutup Midan, mengakhiri pembicaraan. (adv/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email