KARAWANG – SMK Sunan Gunung Jati (SGJ) Karawang menggelar turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) antar siswa SMP se-Karawang 5-8 Mei 2021. Turnamen dilaksanakan sekolah yang beralamat di Jalan Kamboja Guro II No 10 Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan Karawang Timur dalam rangka sosialisasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2021-2022.

Kepala SMK Sunan Gunung Jati Karawang, Supriatna, melalui Wakasek Kesiswaan, Rahmat A, didampingi Wakasek Hubinmas, Usep Bukhori, dan koordinator turnamen, Hifni Abdul Basith, mengatakan, turnamen yang bertajuk ‘SGJ PPDB-MLBB Tournament’ diikuti sebanyak 13 tim. Setiap tim diperkuat 7 anggota yang terdiri dari 5 pemian inti dan 2 cadangan.

“Di akhir turnamen Wonderful Kids (SMPN 1 Rengasdengklok) keluar sebagai juara 1, Hostel Boys (SMPN 2 Rawamerta) juara 2, dan Bragajul Team (SMPN 6 Karawang Barat) juara 3. Masing-masing tim juara mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan,” ujar Rahmat, Senin (10/5/2021).

Dijelaskan Rahmat, selain dalam rangka sosialisasi PPDB yang telah dibuka sejak 3 Februari 2021 dengan periode pendaftaran dibagi ke dalam tiga gelombang yaitu 3 Februari-31 Maret (gelombang pertama), 1 April-31 Mei (gelombang kedua) dan 1 Juni-17 Juli (gelombang ketiga), turnamen mobile legends digelar untuk mewadahi dan mengembangkan potensi siswa dalam cabang esports. Pasalnya, mobile legends merupakan bagian dari esports yang telah diakui KONI dan Kemenpora sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia.

“Pada Desember 2020 kami juga telah menggelar turnamen yang khusus diikuti siswa kami. Insyaallah mobile legends ini akan dijadikan ekskul esports di sekolah kami. Semoga dengan rutinnya menggelar turnamen akan mampu mendorong potensi siswa khususnya di Karawang agar lebih berkembang hingga bisa berprestasi bahkan menjadi atlet profesional di masa yang akan datang,” ucapnya.

“Mengenai PPDB, calon peserta didik baru bisa melakukan pendaftaran dengan langsung datang ke sekolah atau bisa juga secara online melalui laman bit.ly/PPDBSGJ21. Insyaallah dalam PPDB tahun ini kami akan menjaring sekitar 250 siswa baru,” tambahnya.

Untuk diketahui, sekolah yang memiliki tiga jurusan yaitu teknik alat berat, teknik bisnis sepeda motor, dan teknik kendaraan ringan memiliki banyak keunggulan. Seperti telah menggunakan JIBAS (Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah) yaitu aplikasi web-based yang di dalamnya terdapat banyak sekali fitur yang mendukung kebutuhan sekolah dan siswa, salah satunya Fingerprint-SMS Gateway yang memudahkan orang tua dalam memantau anaknya.

Kemudian, alat praktik lengkap karena SMK SGJ merupakan sekolah dengan jurusan otomotif pertama di Karawang, memiliki banyak ekskul yang mendukung kegiatan-kegiatan positif dengan harapan dapat mewadahi seluruh minat dan bakat siswa-siswi secara menyeluruh, salah satu sekolah yang dipilih menjadi binaan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang bertujuan mewujudkan sekolah dengan budaya industri yang diharapkan dapat memudahkan siswa-siswi terserap dunia industri dengan mudah dan memiliki daya saing tinggi di era industri 4.0.

Selain itu, sekolah yang akan menjadikan esports sebagai ekskul mulai tahun pelajaran baru ini ditunjang guru-guru yang berkompeten di bidangnya, serta memiliki fasilitas lengkap mulai dari BKK (Bursa Kerja Khusus), bengkel/workshop TKRO dan TBSM, sarana olahraga, masjid, lab komputer, dan lainnya.

“Kami juga bekerjasama dengan puluhan perusahaan sebagai tempat praktik kerja industri siswa. Dan tentunya aktif melaksanakan kegiatan keagamaan melalui ekskul rohis agar siswa tak hanya siap kerja tapi memiliki akhlak yang baik,” katanya. (dea)