KARAWANG – Bendahra Umum Ikatan Keluarga Istri Anggota Dewan (IKIAD) DPRD Kabupaten Karawang, Hj. Lina Herlina resmi mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Karawang pada Maret 2021. Keputusan itu diambil demi merealisasikan keinginan dan tekad besarnya untuk membangun dan memajukan desa tercinta, Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur, dalam berbagai bidang.

Sesuai pantauan media, istri dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Karawang, H. Oma Miharja Rizki ini resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa dengan menyerahkan berkas pencalonan ke kantor Desa Sukaluyu, Kamis (17/12/2020). Perempuan berparas cantik ini mendaftar diantar keluarga dan sejumlah relawan serta simpatisan dengan berjalan kaki.

“Insyaallah berbekal dukungan, dorongan dan kepercayaan masyarakat serta tekad untuk memajukan dan membangun Desa Sukaluyu lebih baik lagi, saya siap maju dalam pemilihan kepala Desa Sukaluyu. Alhamdulillah, hari ini saya telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa dengan lancar,” ujar Hj. Lina, Kamis (17/12/2020).

Dikatakan Hj. Lina, bisa mengabdi kepada masyarakat Desa Sukaluyu dengan menjadi kepala desa merupakan keinginan dan impiannya sejak lama. Pasalnya, lanjut perempuan yang juga pernah aktif sebagai Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang ini, dengan menjadi kepala desa akan lebih mudah dalam mengantarkan masyarakat Desa Sukaluyu lebih sejahtera dan menjadikan Desa Sukaluyu sebagai desa yang maju dalam berbagai bidang.

Untuk bisa memajukan Desa Sukaluyu, Hj. Lina mengaku telah menyiapkan sedikitnya 9 program yang akan dijalankan jika terpilih sebagai kepala desa nanti. Yaitu meningkatkan pendapatan asli desa dengan lebih mengoptimalisasi peran dan fungsi BUMDes, penambahan benefit untuk RT dan RW, pelayanan dan pengobatan gratis bagi masyarakat tidak mampu dengan membangun klinik kesehatan desa.

Kemudian, mengurangi pengangguran dengan cara mendirikan balai latihan kerja untuk melatih calon pekerja Desa Sukaluyu agar bisa disalurkan ke berbagai perusahaan di kawasan, peningkatan kualitas sumber daya manusia Sukaluyu dengan pemberian beasiswa untuk masyarakat tidak mampu dan mengadakan pelatihan-pelatihan.

Selanjutnya, pemberdayaan UMKM sebagai upaya mendukung UMKM warga Sukaluyu agar bisa tumbuh dan berkembang dengan mendirikan pasar di Desa Sukaluyu dan bekerja sama dengan toko-toko moderen, standarisasi posyandu dengan mensupport semua posyandu agar bisa lebih baik dan berprestasi, membangun dan memperbaiki fasilitas olahraga agar bisa digunakan dengan nyaman, dan mensupport pengajian dan majelis taklim di setiap RW.

“Insyaallah dengan kebersamaan dan dukungan masyarakat Desa Sukaluyu saya bisa menjalankan semua program tersebut,” ucap ibu dari M. Raffi Alghaniy Rizky, Raffaghina Nurghasaniy Rizky dan Raja Arsakha Mikail Rizky.

Dihubungi terpisah, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sukaluyu, Heri Darmawan, menjelaskan, Hj. Lina Herlina merupakan sosok pertama yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala Desa Sukaluyu.

“Pendaftaran bakal calon telah dibuka mulai 15 Desember dan akan ditutup pada 23 Desember 2020. Sementara untuk kelengkapan berkas pencalonan diberi waktu hingga 26 Januari 2021,” katanya. (dea)