KARAWANG, Spirit – Resmi jabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Karawang, Sekda Acep Jamhuri gantikan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, yang habis masa jabatannya, Rabu (17/2/2021).

Praktisi hukum dan pemerhati pemerintahan Karawang, Asep Agustian SH MH menilai, jika keputusan Plh kepada Sekda Acep ini merupakan kebijakan yang tepat.

Menurut pria yang akrab disapa Asep Kuncir (Askun) tersebut, saat ini Karawang tengah dalam situasi membutuhkan sosok pemimpin yang tepat untuk mengambil beberapa kebijakan atas persoalan yang ada.
Persoalan dalam jangka pendek seperti pandemi covid-19 dan bencana banjir, tentu tidak bisa dihindarkan dengan kondisi kekosongan kepemimpinan Karawang. Karena kedua persoalan tersebut membutuhkan kebijakan/solusi cepat dan tepat.

“Ya bagus-lah, posisi pemimpin Karawang saat ini memang tidak boleh dibiarkan kosong. Makanya Pak Sekda jadi Plh itu sudah keputusan yang tepat,” jelas Askun.

Lebih jauh ia juga menilai, dipercayanya Sekda Acep sebagai Plh merupakan catatan sejarah yang sangat luar biasa di Karawang. Karena sebagai orang asli Karawang, Sekda Acep merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki catatan karir yang cukup bagus.

“Dari mulai ASN biasa, camat, Kasatpol PP, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sekda, hingga sekarang dipercaya sebagai Plh. Ini kan catatan karir yang luar biasa bagi kita sebagai orang Karawang. Saya menyatakan seperti ini karena ingin memberikan apresiasi sama Pak Sekda,” kata Askun.

Meskipun jabatan Plh hanya akan berlangsung seumur jagung yaitu hanya sampai akhir Februari 2021, namun Askun mendoakan agar amanah Plh yang diberikaan kepada Sekda Acep menjadi doa tersendiri bagi catatan karirnya ke depan.

“Walaupun hanya seumur jagung, tapi ini catatan sejarah kebanggan tersendiri bagi urang Karawang. Bisa saja ini menandakan bahwa suatu saat kelak Pak Sekda semoga menjadi Bupati beneran di 2024,” timpal Askun seraya tertawa kecil.

Oleh karenanya, Askun juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana yang telah sepakat memberikan mandat Plh kepada Sekda Acep Jamhuri.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Cellica karena memberikan mandat Plh kepada Pak Sekda. Mudah-mudahan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Karawang ini diundur lagi hingga tiga atau empat bulan ke depan, hehehe…!,” tutup Askun, sambil tertawa kecil kepada wartawan. (ist)