Sebagai Kompetensi Dasar, Disnakertrans Purwakarta Berikan Pelatihan Bahasa Asing kepada Puluhan CPMI

PURWAKARTA, Spirit – Permudah para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) saat bekerja di luar negeri, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta berikan pelatihan bahasa asing.

Puluhan para CPMI yang mengikuti pelahitan bahasa asing teraebut, mereka mengikuti pelatihan sesuai dengan rencana para CPMI ke negara tujuan.

“Pelatihan diikuti oleh 60 orang peserta, dibagi menjadi dua tahap tahap pertama 30 orang dan tahap kedua 30 orang,” kata Didi Garnadi, Kepala Disnakertrans Purwakarta, baru-baru ini.

Untuk tahap pertama, lanjut Didi, yaitu peserta yang diberikan pelatihan bahasa Jepang. Sedangkan tahap kedua yaitu pelatihan bahasa Inggris.

“Mereka para peserta CPMI yang akan dipekerjakan dibidang Hospitality,” tambah Didi.

Pelatihan yang diberikan oleh Dinsankertrans tersebut dimaksudkan sebagai kompetensi dasar, baik itu bahasa jepang maupun bahasa inggris.

“Pelatihan bahasa itu sebagai modal awal para CPMI, saat bekerja di luar negeri nanti,” tambah Didi.

Pelatihan bahas jepang tentunya untuk para CPMI yang bila nanti lolos seleksi, kemudian ditempatkan bekerja di negara Jepang.

“Sementara untuk bahasa inggis nanti untuk ditempatkan bekerja di eropa,”beber Didi.

Dalam penyelenggaraan pelatihan ini, Disnakertrans bekerjasama dengan LPK yang telah mempunyai MOU dengan P3MI untuk menyiapkan SDM yang kompeten.

“Agar mereka para CPMI bisa ditempatkan kerja di luar negeri, sesuai dengan job order yang ada di luar negeri,” tutup Didi. (adv/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email