KARAWANG, Spirit



Sebanyak 27 tim SSB se-Karawang bersaing di Liga Asskar musim 2020. Leg pertama turnamen yang digelar Asosiasi Sekolah Sepakbola Karawang (Asskar) resmi digelar di Stadion Mini Anda S Dipura Kotabaru, Karawang, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020).

Dalam acara pembukaan liga, selain dihadiri tim peserta dan para pengurus Asskar, turut hadir jajaran pengurus Askab PSSI Karawang yang dipimpin Ketua Umum, Anda Suhanda.


Ketua Umum Asskar, Andi Rojali, didampingi Wakil Ketua, Imam Syahrudin, Sekretaris, Ahmad Uzer, Bendahara, Hasan Basri, dan Humas, Alung Hasanudin mengatakan, Liga Asskar musim 2020 mempertandingkan kategori usia 12 tahun.

“Seperti gelaran liga musim sebelumnya, seluruh tim terlebih dulu berjuang di fase grup (tiga grup), kemudian juara dan runner up grup serta dua tim peringkat tiga terbaik akan melaju ke babak delapan besar, dan bersaing hingga final,” ujar Andi, Minggu (1/3/2020).

Andi menjelaskan, selain leg pertama, tim peserta akan menjalani empat leg lainnya. Yaitu leg kedua di Lapang Suryakencana Pagadungan Tempuran (Maret), leg ketiga di Lapang Sumber Barokah Telukjambe Timur (April), leg keempat di Lapang Tunas Muda Karawang Barat, dan leg kelima di Stadion Singaperangsa atau Stadion M Anda S Dipura Kotabaru.

“Untuk pelaksanaan leg keempat dan kelima rencananya akan digelar setelah lebaran. Dalam setiap leg yang digelar, tim-tim peserta akan menjalani dua pertandingan. Di akhir liga, selain piala dan hadiah lainnya, tim yang keluar sebagai juara berhak mewakili Karawang berlaga di Piala Soeratin U-12 Jawa Barat,” ucapnya.

Ketua Umum Askab PSSI Karawang, Anda Suhanda, melalui Wakil Ketua, Muksin Supriyadi mengapresiasi semangat pengurus Asskar yang rutin menggelar liga di Karawang.

“Liga Asskar ini tentunya menjadi wadah bagi SSB di Karawang untuk mengevaluasi hasil latihan rutin yang dijalani. Semoga dengan mengikuti Liga Asskar bisa meningkatkan kualitas dan menambah pengalaman bertanding setiap siswa yang terlibat. Sehingga nantinya akan banyak pemain-pemain muda bertalenta di Karawang yang diharapkan bisa menjadi andalan Karawang dalam meraih prestasi dalam berbagai event yang diikuti. Lebih jauhnya bisa membawa harum nama Indonesia di kancah internasional,” katanya. (vis/dea)