Renang Olahraga Yang Dianjurkan Rasulullah

Oleh: M. Dian Solahudin
(Universitas Singaperbangsa Karawang)

RENANG merupakan satu cabang olahraga akuatik, dengan berupaya untuk menggerakkan (mengapungkan atau mengangkat) semua bagian tubuh ke atas permukaan air. Anggota tubuh, terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak atau mengapung di air.

Renang menjadi olahraga yang populer dan diminati banyak orang, karena bisa dilakukan oleh orang dari berbagai kalangan dan tingkatan umur, mulai dari balita hingga dewasa, termasuk ibu hamil. Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak peminat serta banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini tak dapat dipungkiri mengingat untuk melakukan olahraga ini, sama sekali tidak memerlukan alat apapun.

Selain murah, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena menggerakkan hampir seluruh otot. Singkat cerita, olahraga berenang ini tidak hanya menyehatkan, namun juga sesuai dengan perintah Rasulullah SAW. Berenang menjadi salah satu olahraga yang disarankan oleh Rasulullah SAW, berdasarkan Hadist yang Insya Allah Shahih, yaitu dikeluarkan oleh Imam An Nasa’i dalam Sunan-nya,
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ وَهْبٍ الْحَرَّانِيُّ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَمَةَ ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحِيمِ ، قَالَ : حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحِيمِ الزُّهْرِيُّ ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ ، قَالَ : رَأَيْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ ، وَجَابِرَ بْنَ عُمَيْرٍ الأَنْصَارِيَّيْنِ يَرْمِيَانِ ، فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : ” كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ فِيهِ ذِكْرُ اللَّهِ ، فَهُوَ لَهُوٌ وَلَعِبٌ ، إِلا أَرْبَعَ : مُلاعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ ، وَتَأْدِيبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ ، وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرَضَيْنِ ، وَتَعْلِيمُ الرَّجُلِ السَّبَّاحَةَ “

Muhammad bin Wahb Al Harrani mengabarkan kepadaku, dari Muhammad bin Salamah, dari Abu Abdirrahim, ia berkata: Abdurrahim Az Zuhri menuturkan kepadaku, dari ‘Atha bin Abi Rabbah, ia berkata: aku melihat Jabir bin Abdillah Al Anshari dan Jabir bin Umairah Al Anshari sedang latihan melempar. Salah seorang dari mereka berkata kepada yang lainnya: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”.

Kalau kita perhatikan teks hadits di atas, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa mengajarkan renang bukan termasuk perbuatan yang sia-sia, sebagaimana beberapa perbuatan lainnya. Hanya saja beliau tidak secara langsung memerintahkan, apalagi mencontohkan dalam bentuk perbuatan.

Lalu dapat disimpulankan bahwa anjuran mengajarkan renang adalah hal yang tsabit, sehingga benar bahwa mengajarkarkan renang adalah hal yang dianjurkan oleh syariat.

Olahraga dalam air ini memang tidak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, renang bisa mencegah beberapa penyakit, seperti stroke, jantung dan diabetes. Berenang dapat membantu kita yang kewalahan dengan beban kerja dan jadwal yang padat untuk sejenak merasakan rileks. Cara kerja berenang adalah mengalihkan kekhawatiran dan beban kita, serta mengeluarkan senyawa yang dapat mengusir depresi. Mengingat potensi wanita untuk stres lebih tinggi dibanding pria, maka saya juga menganjurkan untuk berenang lebih sering. Dibandingkan olahraga lainnya, berenang memiliki rentang usia yang lebih panjang. Bayi-bayi sudah dapat diajari berenang, sedangkan para lansia pun banyak yang menggemarinya. Bagi kedua golongan usia tersebut, berenang penting untuk melatih otot serta menjaga kesehatan mental. Anak-anak juga disarankan untuk banyak berenang karena bisa memacu mereka untuk lebih sehat secara mental. Setelah renang membuat tubuh bugar dan rileks. Perasaan cemas dan stress juga bisa berkurang, bahkan hilang. Selain itu, renang merupakan olahraga air yang sangat menyenangkan dan bermanfaat buat kekuatan otot tubuh, paru dan membangkitkan perasaan berani, percaya diri dan mengasah kemandirian. Tidak kalah pentingnya, renang sebagai sarana bermain/rekreasi bagi keluarga, terutama anak-anak.

Selain itu, olahraga di air juga memiliki risiko cedera lebih kecil dibanding olahraga lainnya, seperti berlari atau olahraga lainnya. Secara medis dan kesehatan, berenang juga merupakan olahraga yang paling aman dan bermanfaat karena melibatkan semua sendi-sendi, berbeda dengan olahraga lain semisal bersepeda yang bergerak hanya bagian kaki saja dan apabila terlalu berlebihan tanpa pemanasan berpotensi cedera. Adapun berenang hampir semua sendi dan otot ikut bergerak, badan ikut menekuk, kepala mendongak, dan semua sendi bergerak. Gerakan yang dikeluarkan juga minimalis, tidak ada tabrakan dan gerakan yang terlalu kasar dan keras, sehingga sangat aman untuk dipraktekkan.

Jadi dari pada kita melakukan kegiatan yang sia-sia dan dapat menimbulkan dampak buruk bagi diri kita, maka dari itu kita harus mulai mengalihkannya ke kegiatan-kegiatan yang bermanfaat salah satunya adalah dengan berenang. Masih banyak olahraga yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti berpanah, dan berkuda. Sebisa mungkin kita sebagai manusia harus menjaga Kesehatan diri kita sendiri karena itu bagian dari Amanah , apa yang sudah di titipkan oleh Allah SWT harus wajib kita jaga dan kita rawat sebagai bentuk rasa syukur kita kepada-Nya. Maka dari itu, marilah kita semua terutama kalangan remaja yang masih muda untuk terus menjaga kesehatan kita agar tetap memiliki badan yang sehat dan bugar.

Saya sebagai seorang mahasiswa Olahraga sangat menganjurkan kepada siapapun yang membaca karya tulis saya ini untuk mengikuti aktivitas-aktivitras baik seperti ini contohnya berolahraga yang bermanfaat bagi tubuh kita sendiri. Hindari aktivitas-aktivitas yang dapat merugikan tubuh kita karena itu sama saja kita tidak mensyukuri akan apa yang diberikan pada Tuhan. Perlu diketahui bahwa nikmat yang paling mahal adalah nikmat sehat maka dari itu, sebagai manusia yang memiliki akal sehat manfaatkanlah semua itu dengan sebaik mungkin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email