Pembelajaran Olahraga Renang

Oleh: Karta Wijaya (Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)

OLAHRAGA cabang renang adalah olahraga yang di lalukan di dalam air dengan cara menggunakan anggota tubuh seperti tangan kaki dan lain lain, selain itu renang juga adalah olahraga yg mengharuskan tubuh kita mengapung di dalam air agar tidak tenggelam.

Olahraga renang adalah olahraga yang harus kita kuasai karena renang itu sangat penting bagi kita dalam aspek kebugaran jasmani maupun keselamatan.

Dalam aspek kebugaran, renang sangat penting karena olahraga ini sangat menyenangkan dan masuk sebagai kategori banyak di gemari di kalangan anak anak, remaja, maupun yg sudah tua, manfaat dari renang bagi kebugaran jasmani yaitu bisa mengkontrol keseimbangan dalam air, memfokuskan badan, dan jika kita teratur dalam melakukan renang kita dapat menyehatkan bagian tubuh seperti kesehatan jantung, paru paru dan banyak lagi.

Dalam Aspek keselamatan, renang ini salah satu insting kita untuk bertahan hidup karena sangat berguna apabila kita dalam keadaan darurat, apalagi dalam upaya kita menyelamatkan diri dari sebuah banjir, menyelamatkan diri saat kita tenggelam.

Ada beberapa teknik dasar dalam berenang

  1. Teknik Mengapung

Bagi Pemula teknik mengapung ini tidak mudah karena seorang pemula pasti akan kaget saat melalukan nya pertama kali, itu disebabkan oleh angggota tubuh yang masih kaku dan juga kepanikan. Kuncinya untuk bisa dengan cepat menguasai teknik mengapung ini itu adalah badan kita harus bisa mengimbangi air di dalam kolam dan badan diharuskan rileks dan tetap tenang, namun jika kita semakin panic justru itu akan sangat berdampak besar dan juga semakin besar kemungkinan kita tenggelam. Ada 2 cara untuk melatih teknik mengapung ini yaitu, mengapung secara berdiri, dan mengapung dalam keadaan telentang di dalam air.

Yang pertama mengapung secara berdiri, Untuk melatih kemampuan mengapung berdiri, perlu berdiri di pinggir kolam. Untuk keamanan, pilihlah kolam renang yang tidak terlalu dalam. Pastikan semuanya aman dan secara perlahan, mulailah menyelam dengan tangan berpegangan pada tepi kolam.

Yang kedua mengapung dalam keadaan telentang, Sementara untuk melatih kemampuan mengapung dengan telentang, bisa memposisikan badan tegak namun kepala menghadap tegak ke atas. Jangan lupa untuk menginjak dasar kolam renang. Setelah itu, pegang tepi kolam, luruskan kaki, luruskan, dan pastikan telinga terendam di dalam air. Dalam cara ini kita harus melakukan nya secara berulang ulang seperti melakukan nya sebanyak 10 atau 15 kali, itu fungsinya agar kita terbiasa oleh gerakan itu tersebut.

  1. Teknik Pernapasan
    Pernapasan sangat penting dalam olahraga renang, yaitu karena sangat berguna dalam hal kecepatan maupun kekuatan seorang perenang. Ada beberapa cara melakukannya yaitu

Pertama yaitu berdiri ditepi kolam namun kita pastikan posisi wajah kita tetap berada dalam permukaan air.

Kedua yaitu bernafas menggunakan mulut tahan beberapa waktu dan masukan kepala kita ke dalam air lalu hembuskan menggunakan hidung. Dan lalukan kembali sampai kita terbiasa.

  1. Teknik Meluncur
    Meluncur ini adalah upaya kita menyeimbangkan tubuh kita di awalan saat melakukan renang, dilakukan meluncurkan tubuh secara horizontal dibawah permukaan air. Cara melakukannya

Pertama, masuk ke dalam kolam dan berdiri dengan posisi membelakangi dinding kolam. Kemudian salah satu telapak kaki ditempelkan ke dinding dengan jari-jari kaki menghadap ke bawah

Kedua, dengan menggunakan kaki, doronglah badan untuk meluncur. Kemudian posisikan kedua tangan sejajar lurus ke depan untuk memecah air sehingga tidak banyak gaya yang terbuang karena halangan air. Sebisa mungkin, atur kepala masuk ke dalam air dan telinga tingginya sejajar dengan kedua lengan.

Itu Adalah Upaya dasar kita memahami olahraga renang, intinya jika kita ingin cepat bisa renang adalah melalukan nya secara berkali-kali dan rutin sebab, jika kita terus mencobanya itu akan cepat kita kuasai, dan jam terbang seorang perenang itu yaitu dengan cara melakukan nya secara bertahap tidak pantang takut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email