JAYAKERTA, Spirit



Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) mulai dilakukan oleh Puskesmas Medangasem terhadap 3 sekolah di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Jayakerta, Senin (6/8).

Dikatakan salah seorang staff Puskesmas Medangasem, Ian Sopyan, bahwa saat ini pihaknya baru saja melakukan pemberian imunisasi terhadap anak-anak sekolah di Desa Kampung Sawah sekaligus melakukan penjaringan kesehatan atau pemeriksaan kesehatan kepada para siswa baru di sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerja Puskesmas Medangasem.


“Program tetap dinas kesehatan Karawang yang bekerja sama dengan pihak sekolah, pemeriksaan kesehatan dan juga pemberian Imunisasi bagi siswa baru disekolah,” jelasnya kepada Spirit Jawa Barat.

Menurutnya pemberian imunisasi dilakukan pada 3 Sekolah Dasar di Desa Kampung Sawah antara lain SDN 1, 2, 3 Desa Kampung Sawah dan lebih dari 100 orang siswa yang di imunisasi.

“3 Sekolah dengan 3 tim pemberi imunisasi, sesuai dengan persiapan kita mengantisipasi semua, sekaligus penjaringan kesehatan terhadap seluruh siswa baru di sekolah-sekolah tersebut,” tegasnya.

Sebelumnya salah seorang tenaga kesehatan Puskesmas Medangasem, drg. Tuti mengatakan penjarinngan kesehatan terhadap siswa-siswa sekolah yang ada di wilayah kerjanya merupakan pemeriksaan kesehatan keseluruhan tahap awal.

“Mulai dari gaya hidup seperti kebiasaan sarapan sampai dengan pemeriksaan fisiknya seperti, mata, telinga dan gigi, sehingga apabila ditemukan sesuatu terhadap siswa-siswa tersebut dapat langsung dilakukan pengobatan atau tindakan sampai dengan rujuk untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih lanjut,” jelasnya.

Masih menurutnya kegiatan tersebut dilakukan rutin setiap tahun dan dilakukan pada awal tahun ajaran baru. Sesuai dengan MoU yang telah disepakati oleh dinas kesehatan dan pihak sekolah.

“Untuk menjaring siswa baru disekolah yang ada di wilayah kerja Puskesmas Medangasem, dari tingat Sekolah Dasar hingga Siswa Sekolah Menengah Atas,” pungkasnya. (zul)