KARAWANG, Spirit – Pegumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahap 1 di Jawa Barat telah digelar Senin (22/6) melalui laman https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id. SMAN 1 Telukjambe menerima 171 siswa.



Kepala SMAN 1 Telukjambe, Endah Dwi Riyani, didampingi Ketua Panitia PPDB, Samira Suminarsari Heriady, mengatakan, siswa yang diterima di tahap 1 adalah mereka yang memenuhi persyaratan sesuai jalur pendaftaran yang ditempuh.

“Sebelum pengumuman hari ini, terlebih dulu ada verifikasi data calon peserta didik baru, kemudian rapat dewan guru untuk penetapan, dan koordinasi satuan pendidikan dengan Disdik,” ujar Endah, Senin (22/6/2020).

Endah menjelaskan, dalam PPDB tahap 1 yang berlangsung pada 8-12 Juni. SMAN 1 Telukjambe mencatatkan sebanyak 219 pendaftar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pendaftar yang masuk melalui jalur KETM (52), tenaga kesehatan (1), perpindahan orang tua (4), anak guru (9), prestasi nilai rapor (142), dan prestasi kejuaraan/perlombaan (11).

“Kuota SMAN 1 Telukjambe tahun pelajaran 2020/2021 yaitu 360 siswa untuk mengisi  10 rombongan belajar (rombel). Dengan 171 siswa yang diterima di tahap satu, maka kuota yang tersisa sebanyak 189 akan kami jaring di tahap dua melalui jalur zonasi,” jelasnya.

PPDB tahap 2, lanjut Endah, akan berlangsung mulai 25 Juni hingga 1 Juli. Selain calon peserta didik baru yang belum mengikuti pendaftaran di tahap 1, PPDB tahap 2 bisa diikuti mereka yang dinyatakan gugur di tahap 1.

“Jadi calon peserta didik baru tidak perlu cemas jika belum lolos di tahap awal, karena tahap kedua baru akan dibuka di minggu ini,” ucapnya.

Endah menambahkan, dalam PPDB tahap 2, SMAN 1 Telukjambe yang beralamat di Jalan HS. Ronggowaluyo, Telukjambe Timur, Karawang, berada di Zona C yang meliputi wilayah Karawang Kota dan Selatan.

“Zonasi PPDB SMA di Karawang tahun ini dibagi ke dalam tiga zona yaitu A (wilayah Karawang Utara), B (wilayah Karawang Timur) dan C. Nantinya calon peserta didik baru yang berada dalam satu zona yang sama dengan SMAN 1 Telukjambe bisa mendaftar ke sekolah kami,” katanya. (dea)