BATUJAYA, Spirit

Kepala UPTD PAUD/SD Kecamatan Batujaya, Sahdi Abidin, memimpin upacara bersama peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan SMPN 1 Batujaya, Senin (2/5). Dalam amanatnya, Sahdi Abidin menyampaikan agar para guru mencontoh sosok Ki Hajar Dewantara dalam memberikan pendidikan kepada para muridnya, agar dapat meciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan bertakwa.

“Contohlah Ki Hajar Dewantara dalam menularkan ilmu kepada murid kita, pahami ajarannya dan praktekan dalam pembelajaran kepada anak-anak kita,” ungkap Sahdi Abidin.

Ia menjelaskan pentingnya pendidikan bagi anak-anak sebagai sebagai generasi penerus bangsa, dan bekal bagi mereka dimasa yang akan datang. Menurutnya, peranan guru sangat penting dalam menciptakan generasi yang siap menyongsong masa depan. Selain itu, kata Sahdi, keberhasilan anak-anak dalam menerima ilmu pendidikan tergantung dari kualitas pengajaran gurunya.
“Ing ngarso sing tulodo, ing madya mangun karso, tutwuri handayani, itulah pemikiran dari Ki Hajar Dewantara, mudah untuk dikatakan tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan, marilah sebagai guru kita didik murid-murid kita dengan sebaik-baiknya,” lanjut Sahdi Abidin.

Konsep dan gagasan Ki Hajar Dewantara menurutnya bisa menjadi inspirasi bagi para guru dalam mendidik para muridnya, sehingga tercipta murid yang berkualitas yaitu cerdas dan takwa.
Dalam sambutan yang lain Sahdi juga mengatakan sebagai penerus bangsa para guru dan dirinya harus berterimakasih atas perjuangan yang telah dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara, karena berkat perjuangannya semua warga negara bisa mendapatkan pendidikan yang layak tanpa membedakan kasta maupun tingkat ekonomi warga.

Upacara Peringatan Hardiknas tingkat Kecamatan Batujaya tersebut diikuti para pelajar, guru sekolah dari tingkat PAUD sampai SMP, serta Kapolsek Batujaya. Diakhir acara dilakukan penyerahan piala berbagai perlombaan yang diikuti pelajar SD se Kecamatan Batujaya. (yay)