Pengaruh Latihan Renang Gaya Bebas

Oleh: Apollo  James  Yeblo
(Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang)

RENANG gaya bebas klawn menunjutkan suatu gerakan yang mana lengan mencapai posisi sudut yang benar. Tipe ini pada umumnya banyak digunakan oleh orang  yang baru belajar renang  mengapung di air, gerakan tungkai ini kuat dan tipe bangunan tubuh yang rata rata di atas air sehingga memberi kemudahan  dalam air, variasi ketiga di lakukan ketika satu tangan masuk, tangan berlawanan telah melewati titik tengah tarikan.  Gerakan ini cocok dengan renang yang menggunakan pernapasan ke sampai dan dua pukulan gerakan tungkai, kadang kadang juga dengan kecepatan tinggi dari pergantian tangan” fase gerakan gaya. Klawn adalah sebagai berikut yaitu: (1)  fase tangan memasuki permukaan air ,( 2) fase tangan menangkap air, ( 3) tangan menarik air, (4) fase tangan mendorong air (4) fase istirahat.

Renang mempunyai sejarah yang sama dengan sejarah kehidupan manusia;  Sejarah renang ini perlu diketahui oleh para olahragawan renang pada umumnya’ renang digunakan untuk melatih dan mempersiapkan para pemudanya dalam rangka pertahan negara. Oleh karena itu, sejak zaman duluh renang terah di kenal dan berkembang sampai saat ini. Renang pada zaman duluh dilakukan oleh orang untuk menyalamatkan diri misalnya dari kebakaran hutang, melarikan diri dari musuh dan lain. renang itu salah satu olahraga yang dapat merati otok tubuh yang kuat, dapat meningkatkan metabolisme, sehinga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Oleh karena itu, latihan dengan menggunakan media ban dalam latihan beban bisa untuk diterapkan dalam latihan beban sudah terbukti memberikan impact (pengaruh positif). Permasalahan yang terjadi dalam kondisi fisik yang baik oleh atlet serta daya tahan ledak otok lengan yang masih lemah sehingga atlet cepat mengalami kelelahan. Tujuan penelitihan ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan push-up terhadap renang daya bebas 50 mater pada atlet pada atliet renang putra. Teknik pengumpuran data yang digunakan adalah tes kecepatan renang gaya bebas 50 meter.Teknik analisis data yang di gunakan dengan uji pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitihan terdapat diperoleh. bawah  terdapat pengaruh yang signifikan dalam latihan, pus up terdapat kecepatan renang gaya bebas 50 meter pada atlet renang putra. Renang gaya bebas merupakan cara berenang dengan menghadapkan posisi muka dan dada pada air, diiringi dengan gerakan tangan yang saling bergantian mengayuh dan mendolong air ke Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dgn gerakan mengayuh, sementra kedua belah kaki secara bergantian dicambukan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.

Kesimpulan: renang gaya bebas adalh Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dgn gerakan mengayuh, sementra kedua belah kaki secara bergantian dicambukan naik turun ke atas dn k bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Dalam melakukan renang ada beberapa gaya yang biasa dilakukan kebanyakan orang diantaranya gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya punggung, gaya bebas, dan lain sebagainya. Salah satu gaya renang yang cukup digemari adalah renang gaya bebas karena membuat kita dapat bergerak lebih cepat di dalam air. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai gaya bebas pada olahraga renang dan manfaatnya bagi tubuh. (*)

3 tanggapan untuk “Pengaruh Latihan Renang Gaya Bebas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email