KARAWANG, Spirit – Selama akhir Ramadhan hingga usai Lebaran Idul fitri 2017, angka pencurian kendaraan bermotor terdata masih menjadi primadona kasus kejahatan di Karawang. Namun, kasus kejahatan tercatat mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

“Dari data yang kita punya, curanmor roda dua (R2) mendominasi selama H-7 sampai H+10 lebaran dengan 15 laporan. Dan untuk tahun ini angka kriminalitas menurun dibanding tahun lalu serta terpantau aman di Karawang,” kata Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Maradona, Rabu (5/7).

Secara umum, kata Maradona, kasus kejahatan yang masuk ke mejanya meliputi kasus penipuan sebanyak 10 kasus, pencurian dengan pemberatan (curat) 5 kasus, pencurian dengan kekerasan (curas) dan penggelapan 4 kasus, pencabulan 3 kasus, penganiayaan 2 kasus, dan pengeroyokan 1 kasus.

Maradona menambahkan, pihaknya terus melakukan tindakan preemtif dan preventif untuk menekan angka kriminalitas yang terjadi di Karawang.

“Saya tidak memungkiri peran masyarakat dalam menciptakan ketertiban daerah sangat diperlukan,” ujarnya.

Sepanjang pekan rawan mudik lebaran, pihaknya rutin mengintruksikan anggotanya untuk melakukan pengawasan terhadap lokasi yang rumahnya ditinggal pemudik. Upaya lain, pihak Kepolisian telah menghimbau masyarakat agar menitipkan kendaraannya di kantor Polisi terdekat selama ditinggal mudik.(dit)