Menuju Pemusatan Pelatihan Pencak Silat Daerah IPSI Gelar Tes Fisik Atlet

KARAWANG, Spirit

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Karawang melaksanakan tes fisik atlet hasil seleksi Pusat Pelatihan Pencak Silat Daerah (P3D), Selasa sore (25/1) di Lapang Stadion Singaperbangsa Karawang. Tes fisik digelar sebagai persiapan pembentukan antlet inti IPSI menghadapi sejumlah event besar terutama menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) mendatang. Ketua IPSI Karawang, Suryana, SH mengatakan , mengatakan, tes fisik ini sebagai dasar latihan awal, selanjutnya latihan pemantapan keatletan serta penentukan atlet inti IPSI. Hal ini dilakukan sebagai keseriusan IPSI mencetak atlet berkualitas putra daerah, terlebih mendekati kejuaraan bergengsi antar Kabupaten/Kota, Porda Jawa Barat. Selama proses pelatihan, atlet akan diberi fasilitas penginapan serta keperluan atlet yang dibiayai oleh pemerintah. Hal ini dilakukan agar atlet fokus pada latihan dan siap bertanding pada kejuaraan Porda mendatang.

“Ketika event bergengsi itu sudah tiba, atlet silat asal Karawang sudah tidak perlu lagi seleksi atlet, karena selama empat tahun ini telah kita siapkan,” katanya.

Ia mengatakan, ini merupakan program IPSI dan keseriusan dalam mengembangkan potensi putra daerah. Selama proses latihan ini tentunya ada targetan yang dicapai dalam Porda.”Minimal 3 emas kita raih, selanjutnya perunggu dan perak,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, IPSI juga menggenjot bibit unggul dari pelajar, yaitu para juara O2SN dan POPKAB .Bidang Pelatihan IPSI, Rizki Aminudin menambahkan, atlet yang saat ini digembleng ialah aset daerah di masa mendatang. Menurutnya, seluruh bibit pesilat akan terus dibina hingga menjadi atlet nasional.

“Kemudian setelah masa produktif keatletan habis biasanya ditarik menjadi pelatih. Sebab itu, kita gembleng mereka sampai menjadi atlet berprestasi bagi Karawang,” bebernya.

Masih menurut dia, atlet yang diuji fisik ini semua kelas dari A hingga H, termasuk atlet seni sudah disiapkan. Sehingga, sudah saatnya putra daerah Karawang punya atlet silat membanggakan.”Makanya, kita harapkan pemerintah dapat mendukung program IPSI,” kata Rizki.(cr1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email