PURWAKARTA, Spirit – Terpilih secara aklamasi oleh 23 suara Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) kabupaten/kota dan 13 suara anggota luar biasa, Cucu Sutara jabat ketua umum Kadin Provinsi Jawa Barat, periode 2019-2024, menggantikan Tatan Pria Sudjana, yang tidak hadir dalam Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) Kadin Jawa Barat di Plaza Hotel Purwakarta, Kamis (10/9/2020).



Terpilihnya Cucu diawali kekisruhan Kadin Jabar di bawah kepemimpinan Tatan. Hal tersebut memicu reaksi dari 17 pengurus Kadin dan 13 anggota luar biasa yang meminta digelar Musprovlub.

Melalui Musprovlub tersebut, Tatan diberi kesempatan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawabanya termasuk tentang keksiruhan pada organisasi yang dipimpinnya. Akan tetapi, Tatan tidak bersedia hadir dalam Musprovlub.


“Saudara Tantan telah menyampaikan konfirmasi kepada kami bawah dia tidak bisa datang,” ujar Ketua Kompartemen Kadin Indonesia, Ali Said, usai acara.

Masih menurut Ali Said, melalui Musprovlub tersebut, Tantan dapat melaporkan tentang apa yang sudah dilakukannya. Selanjutnya, para pengurus Kadin bisa memberikan penilaian terhadap LPJ Tatan tersebut.

“Forum tertinggi di daerah adalah Musprov. Karena yang bersangkutan tidak hadir dengan sendirinya LPJ Tatan ditolak. Atas dasar itu, sejumlah pengurus Kandin menyabut mandatnya kepada Tatan,” kata Ali Said.

Lebih jauh Ali Said mengatakan, agar tidak terjadi kevakuman kepengurusan di tubuh Kadin Jabar, para peserta musyawarah melakukan pemilihan ketua umum yang baru dengan mekanismenya diatur dalam AD/ART Kadin.

Diketahui dalam musyawarah itu hanya Cucu Sutara yang diajukan sebagai kandidat ketua umum. Akhirnya, Cucu sepakat dipilih sebagai Ketua Umum antar waktu Kadin Jabar periode 2019-2024. (dar)