KARAWANG, Spirit

Seakan tak mau kalah dengan kesuksesan Pakumas (Paguyuban Keluarga Banyumas) Karawang yang menggelar pementasan wayang kulit beberapa bulan lalu di Pusat Perbelanjaan Galuh Mas Karawang, Jokober (Jawa Kowek Bersaudara) Purwakarta pun mengadakan kegiatan serupa. Jokober akan menggelar kolaborasi, yakni wayang kulit dan wayang golek di lapangan Sahate Purwakarta, Sabtu (16/1) malam.

Tak tanggung-tanggung, Jokober akan menghadirkan dalang kondang yang juga Bupati Tegal, Ki Enthus Susmono, yang dikenal cukup eksentrik seni pedalangannya. “Pagelaran ini sangat istimewa, karena Ki Enthus akan main dengan wayang kulit dan wayang golek. Bayangin aja, main wayang kulit aja edan, apalagi tambah main dengan wayang golek,” ungkap Ketua Panitia, Dedi S, Kamis (14/1).

Menurut Dedi, pagelaran yang dilakukan ini berkat kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Pakumas Karawang. Pasalnya, kata dia, Pakumas Karawang telah sering kali sukses menggelar acara serupa. “Dan yang terpenting, Kami berterima kasih atas dukungan dan support Bupati Purwakarta, Pak Dedi Mulyadi yang sangat konsen dengan seni dan budaya,” tandasnya.

Dikatakannya, pagelaran kolaborasi wayang juga dilakukan untuk mengobati kerinduan masyarakat akan budaya adiluhung. “Pagelaran akan dimulai pukul 20.00 WIB ini akan mengambil lakon Gatotkaca Jaya Kelana,” jelas Dedi.

Terakhir diungkapkannya, dalam pagelaran ini didukung penuh oleh TNI seperti Armed 01/02 dan Kepolisian Resort (Polres) Purwakarta. “Rencananya Kapolda dan resimen militer TNI juga akan diundang,” pungkas Dedi saat mengontrol pemasangan Baliho dan Spanduk Wayang yang didampingi Media Patner Spirit Karawang. (top)