BANYUSARI,Spirit – Dalam rangka meningkatkan rasa percaya diri dan menjalin kekompakan serta melatih diri untuk lebih disiplin, Marcing Band Madrasah Tsanawiyah (MTS) Libasut Taqwa yang berada di wilayah Kecamatan Banyusari saat ini giat berlatih.

“Latihan biasa dilakukan sekali dalam satu minggu. Kalau sekarang hampir tiap hari,persiapan HUT RI ke 71. Untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri,agar terjalin kekompakan dan lebih disiplin saat penampilan nanti,”ujar Kepala Sekolah, Duriyat ketika ditemui pada saat berlatih kepada Spirit Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Menurutnya, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler marching band makasiswa dilatih untuk memiliki kepribadian yang lebih tangguh dan berani serta memiliki sifat saling melengkapi. Sehingga terjalin kekompakan pada saat memainkan musik, maka diperlukan latihan yang rutin serta fisik yang kuat .Pasalnya, marching band merupakan sekelompok orang yang bermain musik dengan mengkombinasikan alat musik secara bersamaan disertai aksi baris berbaris.

“Permainan musik marching band identik dengan kerjasama dan kekompakan tim. Tidak bisa dilakukan perorangan, lebih  menonjolkan kemampuan bersama. Siswa dilatih untuk meningkatkan kesabaran dan kebersamaan pada saat memainkan musik,” katanya.

Masih kata Duriyat dengan sering melakukan latihan maka diyakini siswa bisa memiliki rasa percaya diri untuk tetap eksis saat menjalankan perannya masing-masing.

“Musik marching band terbagi antara musikal dan visual,maka diperlukan kerjasama dan kekompakan dalam memainkannya agar terdengar enak dan terlihat indah. Alhamdulillah walaupun usia baru 8 bulan, marcing band MTS Libasut Taqwa sudah bisa tampil dimuka umum,”katanya menambahkan.(wan)