KARAWANG, Spirit
Setelah KH Ahmad Ruhyat Hasby menyatakan siap untuk mencalonkan diri menjadi Ketua Tanfidziah dalam Konfercab PCNU Kabupaten Karawang, Wakil Ketua PCNU yang juga merupakan ketua DKM Mesjid Agung Karawang Acep Jamhuri yang digadang-gadang menjadi calon kuat dalam bursa pemilihan, malu-malu mengungkapkan kesiapan dirinya ikut mencalonkan diri.

Kepada Spirit Jawa Barat, Acep dengan malu-malu menyatakan kesiapan dirinya untuk maju. Hanya saja diakuinya, Ia masih harus mempertimbangkan beberapa hal. “Insya Allah saya siap. Melihat situasi dulu,” ujar Acep, Selasa (14/3).

Dikatakannya, Ia enggan buru-buru menyatakan diri kepada publik perihal kesiapannya mencalonkan diri menjadi Ketua Tanfidziah dalam Konfercan PCNU yang rencananya akan digelar 18 maret mendatang.

“Yang jelas saya tidak akan terburu-buru. Lihat nanti saja,” ujarnya.

Sebelumnya Kakak kandung wakil buati Karawang, KH Ruhyat menyatakan kesiapan dirinya untuk ikut mencalonkan diri menjadi ketua Tanfiziah PCNU Karawang dalam Konfercab mendatang.

Ditemui beberapa waktu lalu di lingkungan pesantrennya, lingkungan yang kental dengan Jamiyah Nahdliyin sejak Ia kecil, dan figur dari ayahnya Alm KH Hassan Bisrie yang merupakan tokoh PCNU Kabupaten Karawang dikatakan KH Ruhyat yang menjadikannya siap untuk mengabdikan diri menjadi Ketua Tanfidziah, setelah sebelumnya dalam kontestasi yang sama pernah dikalahkan oleh H Ahmad Marzuki.

“Insya Allah, berkhidmat kepada NU akan terus istiqomah, selain menjalankan wasiat mempersatukan NU, saya juga siap jika kembali dipercaya nyalon di organisasi Ulama ini,” ungkapnya.

Aktivis senior NU yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Duren mengatakan jika KH Ruhyat dan Acep Jamhuri maju dalam kontestasi pemilihan ketua Tanfidziah, dikatakannya, sudah dipastikan akan ada wilayah poros basis pendukung. Dikatakan Halim, kemungkinan besar MWC yang berada di wilayah utara Karawang akan menjadi basis kuat pendukung KH Ruhyat, dan Wilayah selatan dan Karawang Kota kemungkinan akan menjadi basis besar pendukung Acep Jamhuri.

“Kemungkinan jalur tengah, Klari sampai Jatisari, akan menjadi rebutan,” kata dia.

Selain nama KH Ruhyat, dan Acep Jamhur, nama Gus Soleh juga diasebut-sebut akan masuk bursa calon pemilihan ketua Tanfidziah.
Sementara itu, dikatakan beberapa MWC PCNU Kabupaten Karawang, gesekan dan lobi-lobi di tingkat MWC sudah mulai ada menjelang Konfercab yang akan dilakukan 18 maret mendatang. (mhs)