KARAWANG, Spirit –  Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) madrasah tahun pelajaran 2020/2021 telah digelar mulai 6 Mei dan akan berlangsung hingga awal Juli 2020. MTsN 4 Karawang merupakan salah satu madrasah yang telah aktif menjaring calon siswa dengan memberlakukan beberapa persyaratan salah satunya tes seleksi baca tulis quran (BTQ).

Kepala MTsN 4 Karawang, Suparwoto, mengatakan, selain tes BTQ, calon siswa juga harus memenuhi beberapa persyaratan lainnya seperti mengisi formulir pendaftaran (bisa online atau manual), fotokopi NISN, fotokopi kartu keluarga, fotokopi akta kelahiran, dan surat tanda kelulusan.

“Pendaftaran online melalui link https://forms.gle/Y6uFHH9wcrkoepaC8. Jika sudah mendaftar, silahkan cek email yang digunakan untuk mendaftar. Di sana terdapat bukti pendaftaran, print out kemudian bawa ke panitia PPDB di sekolah saat akan mengikuti tes seleksi BTQ,” ujar Suparwoto, Kamis (14/5/2020).

Dijelaskan Suparwoto, tes BTQ diberlakukan guna melahirkan generasi qurani yang memahami dan mampu membaca dan menulis Al-Quran. Sehingga diharapkan lulusan MTsN 4 nanti bisa seimbang dalam hal pengetahuan maupun akhlaq.

“Tes BTQ menunggu perkembangan covid-19. Jika selama pelaksanaan PPDB masih tidak memungkinkan meggelar tes BTQ, maka akan dilaksanakan setelah berakhirnya PPDB,” jelasnya.

Dikatakan Suparwoto, hingga sepekan pelaksanaan PPDB, MTsN 4 Karawang yang beralamat di Jalan R.M Soleh No. 4C Sadamalun Karawang Kulon, dan Jalan R.H.S Saca Kusumah Pasirjengkol Tanjungpura, baru mencatatkan kurang lebih 30 pendaftar.

Kendati demikian, ia mengaku optimistis sekolah yang dipimpinnya bisa memenuhi kuota yang disediakan yaitu menampung 288 siswa dalam 9 rombel (rombongan belajar) yang dimiliki.

“Kami optimis target untuk memenuhi sembilan rombel kelas tujuh (VII) bisa tercapai. Karena waktu pelaksanaan PPDB masih menyisakan kurang lebih dua bulan,” katanya. (epn/dea)