KARAWANG, Spirit – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama DPUPR Kabupaten Karawang menggelar rapat, Rabu (16/6/2021). Rapat digelar dalam rangka mencari solusi penanganan banjir Sungai Kalikalapa yang berlokasi di Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur.

Dalam kesempatan rapat yang dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin, S.Pd.I., SH., MH pihaknya meminta Dinas PUPR Karawang memaparkan penanganan dan pengendalian untuk Sungai Kalikalapa, sebagai tindak lanjut dari tuntutan masyarakat untuk mencari solusi yang dihadapi.

“Persoalan normalisasi Sungai Kalikalapa untuk meminta solusi dengan lintas sektoral salah satunya Dinas PUPR Karawang,” ujarnya kepada awak media, usai gelaran rapat di Kantor Dinas PUPR, Rabu (16/6/2021).

Endang memaparkan, Komisi III sudah dua kali rapat dengan sejumlah warga terdampak normalisasi Kalikalapa, di mana masyarakat memang menginginkan adanya normalisasi tapi tidak dengan penggusuran.

“Sudah dua kali rapat aduan warga, untuk ketiga kalinya ingin rapat nanti ada solusinya. Apakah direlokasi ataupun yang lainnya,” paparnya.

Endang menambahkan, sejauh ini masyarakat memang sadar bahwa tempat yang ditinggali bukan tempat milik mereka. Tetapi ini berbicara soal kemanusiaan, di mana ada Teater Lumbung yang berkreasi dengan anak didiknya dan rumah warga tempat usaha.

“Ini juga yang harus kita pikirkan untuk mencari win-win solusi normalisasi, karena yang kita bicarakan dapat memanusiakan manusia, karena itu adalah prinsip hidup rakyat Indonesia,” pungkasnya. (bal)