KARAWANG – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, melalui Bidang PAUD dan Dikmas sukses menggelar kegiatan Apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Kabupaten Karawang 2021.

Kegiatan yang digelar di empat tempat yaitu GOR Disdikpora, Pusat Belajar Guru (PBG), Satuan Pendidikan Nonformal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB), dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Rakeyan Santang ini bergulir selama tiga hari pada 6-8 September. Kegiatan yang menerapkan protokol Kesehatan yang ketat ini diikuti sebanyak 70 peserta yang bersaing dalam 9 kategori yang dilombakan.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), Sitti Imas Massitoh mengatakan, Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas merupakan program kerja tahunan sebagai bentuk penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan nonformal di Kabupaten Karawang.

Selain itu, kegiatan digelar guna mendorong GTK nonformal berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan pendidikan PAUD dan Dikmas lebih berkualitas.

“Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas ini sekaligus menjadi ajang persiapan Kabupaten Karawang mengikuti perlombaan yang sama di tingkat Provinsi Jawa Barat. Jadi, jika nantinya di tingkat provinsi digelar kami sudah siap untuk mengirimkan peserta yang mendapatkan juara satu dari masing-masing kategori,” ujar Imas, didampingi Kasi PAUD, Juhdiana, dan Kasi Dikmas, Kosim Taryana, Rabu (8/9/2021).

“Kegiatan ini kami gelar juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-388 Kabupaten Karawang pada 14 September, dan Hari Aksara Internasional pada 8 September,” tambahnya.

Dijelaskan Imas, dalam Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas tahun ini, 9 kategori yang dipertandingkan yaitu guru KB/TPA/SPS (9 peserta), guru TK/TKQ (10), instruktur LKP (5), tutor kesetaraan (14), pengelola KB/TPA/SPS (10), kepala TK/TKQ (5), pengelola LKP (4), pengelola PKBM (7), dan penilik PAUD Dikmas (6).

“Dalam lomba ini para peserta langsung dinilai juri dari unsur Disdikpora (pengawas SMP), Unsika, dan STIT Rakeyan Santang,” jelasnya.

Imas menyampaikan, di akhir perlombaan para juara 1, 2 dan 3 dari masing-masing kategori berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Kepala Disdikpora Karawang, Asep Junaedi, yang membuka dan menutup kegiatan, mengucapkan selamat atas prestasi yang diterima para juara.

“Hadiah ini merupakan bentuk penghargaan Pemerintah Kabupaten Karawang terhadap guru dan tenaga kependidikan nonformal. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi bagi para juara untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi dalam mengabdi kepada masyarakat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini tingkat efektivitas masih belum maksimal,” ucapnya. (dea)