KARAWANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H. Adib terkait berbagai inovasi dan prestasi yang telah ditorehkan.

Di bawah kepemimpinan H. Sopian, selama kurun waktu 4 tahun (2016-2020), Kemenag Karawang mampu membanggakan dengan banyaknya prestasi yang diraih baik lingkup kabupaten, provinsi maupun nasional.

Bahkan, berbagai inovasi berhasil dilahirkan seperti Pelayanan Haji Satu Atap, Kemenag Mengaji, Kemenag Berkurban, Kemenag Bersodakoh, Jumat Berkah dan Kampung santri. Semua program inovasi tersebut sampai saat ini masih berjalan secara konsisten, sehingga mendapat apresiasi dan respon yang positif dari berbagai pihak terutama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

“Kedatangan kami bukan untuk memberikan pembinaan tetapi ingin melihat capaian yang diraih Kemenag Karawang agar bisa ditularkan ke kabupaten atau kota yang lainnya,” ujar Kakanwil Kemenag Jabar, H. Adib, saat bersilaturahmi dalam kegiatan pembinaan pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Karawang, di Indo Alam Sari Karawang, Kamis (13/8/2020).

Selain memberi apresiasi, Kakanwil juga mengajak Kemenag Karawang untuk menjalankan rencana strategis Kemenag tahun 2020-2024 yang tertuang dalam PMA Nomor 18 tahun 2020, agar menjadi kementerian yang profesional dan andal untuk menciptakan masyarakat yang soleh, moderat, cerdas dan unggul.

“Jangan lupa juga mengenai tiga pilar fungsi dan peran Kemenag. Pertama sebagai khodimul ulama dan umat. Kedua menjadi Kepanjangtangan pemerintah pusat secara vertikal hierarki seluruh kebijakan pusat kita jalankan ditingkat provinsi, kabupaten/kota bahkan kecamatan. Ketiga sebagai mitra Pemda dan istansi terkait yang berada di lingkungan kita,” ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Karawang, H. Sopian mengatakan, kegiatan pembinaan digelar untuk meningkatkan kuantitas pegawai yang berada di bawah naungan Kemenag karawang, agar tercipta pelayanan kepada masyarakat yang memuaskan.

“Terima kasih atas kehadiran Pak H. Adib di tengah kesibukannya yang padat luar biasa. Semoga atas pembinaan dari belaiu Kemenag Karawang lebih baik lagi,” katanya.

Untuk diketahui, dalam acara pembinaan yang dihadiri Bupati Karawang, diikuti ratusan peserta terdiri dari unsur Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri, Kaur TU,  Pokjaluh, Pengawas Madrasah, Pengawas PAI, FPP, FPQ, FKPAI, AGPAII, dan FKBIHU. (rls/apn/dea)