PURWAKARTA, Spirit



Desa yang mengikuti kegiatan Gerakan Pengembangan Desa Berbudaya Lingkungan (Eco Village), akhirnya menyabet penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat.

Atas dasar kerja keras yang dilakukan oleh kelompok usaha mandiri binaan PT. South Pasifik Viscose (PT. SPV), akhirnya desa Cicadas yang mewakili Purwakarta di ajang Eco Village tingkat provinsi mendapatkan penghargdaan dari Dinas LH Jabar dan Plakat dari Kementrian lingkungan hidup.

“Ini semua berkat kerja keras semua pihak, kita dari perusahaan berusaha untuk terus mendorong masyarakat sekitar untuk bisa mandiri. Salah satunya dengan memajukan desa Cicadas menjadi Desa Eco Village,” ujar Widi Nugroha Sakib, selaku Head of Corporate Affairs – PT. South Pacific Viscose.


Ini merupakan wujud nyata perusahaan kepada masyarakat sekitar untuk selalu melestarikan alam lingkungan sekitar, dengan dibinanya warga masyarakat Desa Cicadas sebagai Desa Eco Village merupakan kepedulian dari PT. SPV.

“Dengan adanya Desa Eco Village dapat memperkuat sikap dan perilaku masyarakat, sehingga ada kesadaran dari warga untuk berbenah lingkungan, peduli lingkungan serta menjaga dan meletarikan alam sekitarnya,” beber Widi, saat usai melihat produk-produk dari limbah rumah tangga yang di sulap menjadi karya seni bernilai ekonomi.

Terpisah, ketua kelompok rumahan binaan dari PT.SPV sangat bersyukur dan merasa bangga dengan hasil yang diperoleh hingga mendapatkan penghargaan dari dinas lingkungan hidup provinsi jabar dan plakat dari kementrian lingkungan hidup.

“Kami sangat bangga dan senang, karena saat mewakili Purwakarta di ajang Eco Village Provinsi Jabar mendapatkan penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kementrian. Penghargannya sebagai juara Eco Village Award 2018 kategori Mandiri Kreatif. Terima kasih kepada PT.SPV yang selalu membina dan mensuport kelompok-kelompok usaha di lingkungan perusahaan,” ujar Muhidin Alif, ketua kelompok usaha yang mendapatkan penghargaan dari dinas lingkungan hidup dan kementrian. (joe)