PURWAKARTA, Spirit – DPRD Purwakarta menggelar rapat paripurna, Jumat (14/8/2020), untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang bertemakan “Indonesia Maju”. Rapat paripurna itu diselenggarakan secara virtual dan disaksikan oleh seluruh OPD, camat dan kepala desa se Kabupaten Purwakarta.

Hadir dalam acara istimewa itu antara lain Ketua DPRD H. Ahmad Sanusi, Wakil Ketua Sri Puji Utami, Hj. Neng Supartini, Warseno, SE, seluruh anggota DPRD, Bupati Hj. Anne Ratna Mustika, Wakil Bupati H. Aming, unsur Forkopimda, Sekda Drs. H. Iyus Permana, MM, Sekretaris DPRD Drs. H. Suhandi, M.Si dan pejabat di lingkungan Setwan, para Kepala OPD, serta segenap tamu undangan lainnya.

Mengawali rapat, Ahmad Sanusi menerangkan, sebagai wujud rasa syukur atas nikmat kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, maka setiap menjelang tanggal 17 Agustus, Presiden Republik Indonesia senantiasa menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan, yang disiarkan ke seluruh pelosok tanah air melalui pesawat radio maupun televisi.

“Sejalan dengan surat dari Kementerian Sekretaris Negara No. B-492/M.SESNEG/SET.TU.00.04.07/2020 tentang pedoman peringatan hari ulang tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, tema kemerdekaan tahun ini adalah Indonesia Maju,” tegasnya.

Ditambahkan Ahmad Sanusi, Indonesia maju, merupakan representasi dari Pancasila, pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan. Kemerdekaan, lanjutnya, kesempatan mewujudkan mimpi menjadi nyata, kesempatan untuk berkarya tanpa batas.

Sebagaimana disampaikan Presiden tahun lalu, kata Ahmad Sanusi, bangsa Indonesia saat ini berada pada era persaingan global dan kompetisi yang sangat ketat antar negara, yang menuntut anak bangsa untuk tetap kokoh menjaga persatuan dan kesatuan.

Pada usianya yang ke -75 ini, semua anak bangsa harus bisa menyingkirkan perbedaan politik, perbedaan suku maupun perbedaan agama. Harus cerdas dan dapat menunjukkan jati diri bangsa yang tangguh, tahan banting, dan terus berprestasi untuk menyikapi perkembangan di berbagai belahan dunia.

“Kita harus berani membuat terobosan kebijakan, yang hasilnya dapat dinikmati pada masa yang akan datang,” tegasnya.

Kita juga patut bersyukur mampu memanfaatkan kebhinekaan dengan ciri khas budayanya, juga memiliki Pancasila sebagai sumber energi didalam memandu anak bangsa, untuk mewujudkan cita-ciitanya sekaligus sebagai pemersatu bangsa.

Intinya, jelas Ahmad Sanusi, melalui pidato kenegaraan yang disampaikan pada setiap tahun dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan, Presiden Republik Indonesia senantiasa mengajak seluruh bangsa Indoonesia, untuk menjadikan momentum peringatan kemerdekaan sebagai kekuatan untuk membangun Tanah Air yang kita cintai.

Setelah mendengarkan pidato kenegaraan Presiden, H. Ahmad Sanusi menyempatkan diri beramah tamah dengan seluruh tamu undangan, serta berfoto bersama di dalam dan di luar gedung DPRD, sebagai kenang-kenangan istimewa. (adv/rls/Joe)