KARAWANG, Spirit – Bermimpi wujudkan kesejahteraan petani, Tim Dem Farm Korporasi, Kementerian Pertanian RI bersama Dinas Koperasi dan UMKM Karawang lakukan kegiatan penguatan kelembagaan Dem Farm korporasi, yang diketahui sempat vakum karena mewabahnya pandemi Covid-19, Selasa (7/7/2020) di aula Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian Kecamatan Jayakerta.




Dikatakan Ade Sudiana, Pemkab Karawang melalui Dinas Koperasi akan terus memfasilitasi dengan terus memberikan pembinaan kepada 5 koperasi yang merupakan bagian dari kelembagaan Dem Farm, yang berada di 5 Desa di Kecamatan Jayakerta, yang sebelumnya telah dibentuk dan berbadan hukum.

“Sebagai instansi pembina, kita Dinas Koperasi Karawang memiliki kewajiban membina dan memberikan pendampingan kepada koperasi-koperasi yang beranggotakan para petani ini dengan tujuan kesejahteraan bagi petani Karawang,” jelasnya kepada Spirit Jawa Barat, Selasa (7/7/2020).

Di tempat yang sama, Ketua Tim kelembagaan Dem Farm Korporasi, Kecamatan Jayakerta, Karawang, Kementerian Pertanian RI, Dr. Sayuti mengatakan pihaknya telah membentuk 5 koperasi di 5 desa untuk menjalankan Dem Farm Koorporasi di Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang.

“Saat ini masih dalam rangka memperbanyak anggota dan 5 koperasi ini, yang nantinya akan menjalankan 10 bisnis Dem Farm yang antara lain, jasa alsintan, produksi benih, produksi beras dan lain-lain. Koperasi-koperasi ini beranggotakan masyarakat kecamatan Jayakerta dan setiap orang bisa menjadi anggota di 5 koperasi tersebut, dan mimpinya koperasi-koperasi ini menjadi besar yang tidak hanya beroperasi di Kecamatan Jayakerta,” paparnya.

Sementara itu, penanggung jawab program Dem Farm Korporasi Kecamatan Jayakerta dari Kementerian Pertanian RI, Dr. Prima Luna mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka penguatan kelembagaan yang sempat terputus.

“Dari pembentukan koperasi itu tidak ada lagi kegiatan, semenjak mewabahnya Covid-19 itu, ini baru yang pertama. Mimpinya, dengan korporasi ini pendapatan petani Karawang ini dapat meningkat dua kali lipat, dan dengan begitu berharap para petani Karawang ini tertarik untuk berkorporasi,” pungkasnya.

Selain penjelasan tentang konsep kelembagaan Dem Farm seperti apa oleh ketua tim kelembagaannya Dr. Sayuti, Kepala Dinas Koperasi Karawang, Ade Sudiana pun memberikan pemaparan tentang koperasi kepada para petani yang hadir. (dar)