KARAWANG, Spirit – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang resmi bentuk panitia khusus (Pansus) godok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Agro Persada yang telah lama tak aktif.

Diketuai Nana Nurhusna Hidayat, Raperda inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang tersebut, mulai lakukan pembahasan.

Nana Nurhusna dari Fraksi Partai Gerindra menjelaskan, Raperda ini tentang pengaktifan kembali Agro Persada dan status badan hukumnya.

Dimana agribisnis ini nantinya meliputi pengadaan, penyaluran dan pengiriman pupuk, bibit tanaman, serta obat-obatan pertanian. Penyewaan dan pemeliharaan alat dan mesin pertanian. Dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

Lebih lanjut, Nana menjelaskan, Bertahun-tahun hasil pertanian di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, banyak dikuasai tengkulak sehingga perekonomian petani sulit meningkat.

“Selama ini hasil pertanian diduga dikuasai tengkulak, oleh karena itu petani sulit sejahtera atau meningkat perekonomiannya. Sementara ,produksi padi di Karawang cukup maksimal, bahkan selalu meningkat dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

Disisi lain, masih menurut Nana, Karawang memiliki Perusahaan Daerah yang bergerak di bidang pertanian, yakni Agro Persada. Tetapi lama tidak aktif. Oleh karenanya, Perusda yang bergerak di bidang pertanian ini harus kembali ada dan aktif di Karawang yang merupakan daerah lumbung padi.

“Dengan adanya Perusda yang bergerak di bidang pertanian, maka ke depannya bisa mendorong kegiatan petani seperti pengadaan pupuk, pengadaan benih, pembelian gabah dan lain-lain,” harapnya.

Diketahui, Agro Persada ,merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Karawang yang dibentuk sejak 19 tahun silam, melalui Perda Nomor 10 Tahun 2003. Pemerintah Kabupaten Karawang sendiri memiliki enam BUMD yang telah ditetapkan melalui peraturan daerah (Perda). Diantaranya Perumda Tirta Tarum, PT. LKM, Bank Karawang Jawa Barat, Agro Persada, Petrogas dan Aneka Jasa. (ist)