KARAWANG, Spirit – Akibat hujan deras disertai angin kencang, dua rumah di Dusun Pangkalan RT 10 RW 03, Desa Gempolkarya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, alami rusak berat (porak-poranda), Kamis (28/1/2021).

Dua rumah yang rusak merupakan milik H. Kosasih dan Suparno, dengan kondisi atap rumah terbuka dan depan rumah ambruk. Usai kejadian, sejumlah warga bersama pemdes, Muspika dan BPBD langsung turun ke lapangan untuk membantu korban mengevakuasi barang.

Dikatakan satgas BPBD Kecamatan Tirtajaya, Ikhwan Lubis, beruntung kejadian bencana atau musibah rumah rusak yang diakibatkan hujan deras dan angin kencang pada pukul 12.30 WIB itu tak memakan korban jiwa, baik luka-luka maupun meninggal dunia

“Korban terdampak, dua rumah rusak dengan jumlah penghuni sebanyak 9 jiwa (2 KK). Akibat yang ditimbulkan, 5 orang diungsikan ke rumah keluarga,” ujar Lubis.

Lanjutnya, upaya yang dilakukan mendatangi lokasi kejadian rumah rusak terkena hujan deras dan angin kencang bersama Muspika Kecamatan Tirtajaya dan Aparatur Desa Gempolkarya dibantu warga masyarakat sekitar untuk bergotong royong membersihkan puing-puing atap rumah dan lainnya.

“Taksiran kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Kebutuhan korban yang diperlukan yang sangat mendesak yaitu logistik terpal, tikar dan perlengkapan logistik lainnya,” jelasnya.

Sementara, MP Kecamatan Tirtajaya, Budi Nurhadi Fauji mengatakan pihaknya langsung turut membantu korban dan mengevakuasi barang milik korban. Selain itu, pihaknya bersama pemdes telah mendata korban yang akan disampaikan ke dinas terkait.

“Kita juga mengimbau warga, agar lebih waspada dan berhati-hati, mengingat saat ini sudah masuk musim penghujan,” pungkasnya. (ist/dar)