BOS baru Real Madrid mengatakan, tak pantas membandingkan dirinya dengan pelatih Bayern Muenchen, Pep Guardiola. Legenda Prancis berusia 43 tahun itu menggantikan Rafael Benitez Senin (04/01) lalu, memicu perbincangan bahwa penunjukkannya sejajar dengan peristiwa Guardiola di Barcelona. Namun Zizou, panggilan Zidane, mengatakan, “Anda jangan membandingkan saya dengan Guardiola. Dia telah memetik pencapaian-pencapaian luar biasa. “Bekas gelandang Barca, Guardiola, menangani Tim B klub itu sebelum membawa tim utama memetik sukses yang tak pernah terjadi sebelumnya. Di bawah Guardiola, Barca menyabet 14 trofi dalam 14 tahun, bahkan memborong seluruh enam piala yang dimungkinkan di musim pertamanya termasuk Liga Champions, La Liga dan Copa del Rey. Zidane, yang mencetak dua gol di final Piala Dunia yang dimenangkannya bersama Prancis tahun 1998, menangani Tim B Real Madrid sebelum mendapat promosi menyusul pemecatan Rafael Benitez.

Bekerja keras

Guardiola mengatakan hari Selasa bahwa ia memang ingin bekerja di Liga Primer Inggris, sesudah kontraknya selesai di Bayern Muenchen akhir musim ini. “Guardiola adalah pelatih yang hebat, dan apa yang dia lakukan sungguh mencengangkan,” tambah Zidane.
Namun, kata Zizou, “Guardiola adalah Guardiola. saya akan bekerja keras. Saya tak akan membandingkan diri saya dengan siapa pun. Saya tak pernah melakukannya (membandingkan diri) saat masih sebagai pemain, dan saya tak akan melakukannya sekarang.”

Sepakbola menyerang

Ditanya tentang falsafah sepakbolanya, Zidane mengatakan, “Saya memiliki sasaran jelas dan saya akan mengerahkan apa yang saya bisa untuk mencapainya. “Sepakbola yang bagus selalu penting di Madrid dan saya akan meneruskannya. Pasti merupakan suatu sepakbola menyerang, namun penuh keseimbangan, dan tidak yang lainnya.”

Penunjukkan Zidane disambut hangat fans Madrid. Ini ditandai dengan berjubelnya penggemar, lebih dari 6.000 orang, yang datang menonton latihan pertama Real Madrid di bawah Zidane, di pusat pelatihan mereka di Valdebebas, hari Selasa (05/01).(bbc)