KARAWANG, Spirit

Densus 88 Antiteror berhasil menggagalkan upaya teror  terduga ‘pengantin’ yang menargetkan pengeboman terhadap markas TNI dan Polri.  Satu tersangka diringkus di Kabupaten Ciamis, bersama sejumlah barangbukti.

Kapolres Karawang, AKBP Andi M Dicky Pastika Gading, mengungkapkan, salah seorang terduga teroris itu ditangkap di Ciamis berisnisial AJK alias H, dan salah satu rumahnya yang digeledah ada di Kompleks Bumi Indah Pesona (BIP), Cikampek, Kabupaten Karawang.  Tersangka ditangkap lantaran terindikasi sebagai “pengantin” yang  hendak melakukan pengeboman dengan target markas TNI dan Polri.

“Alhamdulilah aksinya berhasil kami gagalkan.Total 5 orang yang telah diamankan dan di antaranya adalah calon eksekutor. Keberhasilan menggagalkan rencana serangan teror (preemtive strike) sebelum teror itu dilakukan memiliki nilai penting karena bisa menghindari korban jiwa yang mungkin terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, penggeledahan yang dilakukan Densus 88 bersama 100 anggota Polres Karawang, di Perum Bumi Indah Pesona Cikampek, Karawang, Sabtu (14/2) lalu, karena diketahui sebagai salah satu rumah terduga, H.  Sehari sebelumnya, dua orang pria  yang tinggal di rumah tersebut, L dan M pun berhasil diringkus tim Densus 88 Antiteror.

“Ada dua rumah yang digeledah di Cikampek. Sejumlah barangbukti berhasil diamankan,” ungkapnya.

Kedatangan tim Densus 88 bersama ratusan anggota Polres Karawang sempat menjadi tontonan warga. Tak pelak, warga setempat sempat mengaku tak percaya komplek tempat tinggalnya menjadi sarang pelaku teror.

“Saya sudah lama tinggal di sini, kok tidak menyangka ada teroris yang tinggal di perum kami. Jadi terkenal dong ya daerah saya,” ujar warga, yang enggan disebutkan namanya. (dit)