KARAWANG, Spirit



Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Sejahtera menargetkan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C (setara SMA) dan B (setara SMP) tahun pelajaran 2019/2020 secara mandiri.

“Ya, dua tahun ke depan (2020) kami targetkan bisa menggelar UNBK kesetaraan secara mandiri,” ujar Ketua PKBM Bina Sejahtera, Edi Yusup, Kamis (3/5).

Untuk mewujudkan target tersebut, Edi menjelaskan, pihaknya berencana membangun lab komputer.


“Minimal nantinya ada dua lab komputer yang siap digunakan untuk UNBK. Mudah-mudahan bisa terealisasi,” ucapnya.

30 Warga Belajar
Mengenai UNBK tahun ini (tahun pelajaran 2017/2018), Edi mengatakan, masih terpusat di gedung sekolah formal yaitu di SMK Budi Mulia Karawang. Khusus paket C yang telah selesai digelar, lanjut dia, warga belajar yang terlibat sebanyak 30 peserta dengan rincian 24 laki-laki dan 6 perempuan.

“UNBK paket C yang digelar mulai Jumat (27/4/2018) hingga Senin (30/4/2018) berjalan lancar. Semoga 30 warga belajar kami bisa lulus semua dengan nilai yang memuaskan,” harapnya.

Untuk diketahui, PKBM Bina Sejahtera yang beralamat di Jalan Baru Kapling Dusun Sukadana, Gang SMPN 1 Telukjambe Timur, Desa Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat, selain menyediakan kesetaraan paket C, juga mengelola paket B, taman bacaan dan PAUD Nur Adzkia.

“Ke depan, jika lab komputer telah tersedia, kami juga akan membuka kursus komputer,” katanya.

Saat ini, PKBM yang berada di bawah naungan Yayasan Bina Sejahtera Karawang yang di pimpin Andi Sutardi, memiliki sembilan tutor (3 PNS dan 6 non-PNS). Dalam seminggu, PKBM yang berdiri pada 2 November 2003 ini melayelenggarakan tiga hari (Sabtu, Minggu dan Senin) pembelajaran, dengan 10 mata pelajaran pokok dan 3 mata pelajaran tambahan. (ayi/dea)