KARAWANG – STIT Rakeyan Santang Karawang siap mencetak generasi bangsa yang kompeten lewat gerakan Pramuka. Hal itu bakal dilakukan melalui para lulusannya yang memang untuk menangani bidang pendidikan sejak di usia dini.

“Ya, yang kami cetak itu tenaga gurunya. Sebab sekolah tinggi kami memang di program studi (prodi) itu,” kata Wakil Ketua (Waka) 3 bidang Kemahasiswaan STIT Rakeyan Santang Karawang, Yudi Wahyu Yudiana, MPd.

Menurut Yudi di sela acara pelantikan Majelis Pembimbing Gudep (Gugus Depan) STT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah) Rakeyan Santang Karawang di kampusnya, Sabtu (21/6) pagi, hal itu memang sudah menjadi program kampus. Bahwa dengan tersebut nantinya para mahasiswa diwajibkan menjadi anggota Pramuka.

“Artinya ketika nanti lulus, harus juga punya sertifikat KMD (Kursus Mahir Dasar) Pramuka. Selain tentu saja sudah KKN dan skripsi,” ujar Yudi. Dia juga menjelaskan dengan begitu, otomatis para lulusannya pun nantinya bisa menjadi pendidik yang lebih kompeten sesuai ilmu lain di kepramukaan. “Insyaallah seperti itu,” tutup dosen yang di kepengurusan Pramuka di kampusnya menjadi ketua harian itu.

Soal pelantikan Majelis Pembimbing Gugus Depan STIT Rakeyan Santang Karawang sendiri berjalan lancar. Acara yang digelar di aula kampusnya, itu dipimpin Waka Binamuda Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karawang, Muslich Hidayat, MPd mewakili Ketua Kwarcab H. Aep Syaepuloh, SE. H. Aep yang juga Wakil Bupati Karawang itu konon berhalangan karena ada kegiatan lain.

Lebih ke Depan

STIT Rakeyan Santang Karawang berkampus di Jalan Lingkar Tanjungpura, tepatnya di Kare-es Kelurahan Palumbonsari Kecamatan Karawang Timur. STIT ini menggelar dua prodi untuk mahasiswanya yang terkait pendidikan generasi bangsa sejak dini. Yakni Prodi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) dan PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini).

Di keberadaannya, STIT yang diketuai Hendar, SE, S.AP, MH, MM, ini telah meluluskan satu angkatan untuk dua prodinya sebanyak 108 orang. Sedangkan keseluruhan mahasiswanya saat ini sekitar 700 mahasiswa yang mayoritasnya perempuan. Malah para mahasiswa juga bukan melulu yang reguler, terbanyak justru yang sudah menjadi tenaga pendidik, utamanya di PAUD, TK, MI dan SD.

Waka Binamuda Kwarcab Gerakan Pramuka Karawang, Muslich Hidayat yang ditemui seusai acara, mengaku bangga STIT Rakeyan Santang menggelar kegiatan Pramuka. Sebab dikatakannya hal itu memang sejalan dengan tridharma perguruan tinggi, yakni tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Bahwa kesemua point dari tridharma perguruan tinggi itu memang terakomodir di gerakan Pramuka. “Dan untuk di Karawang sendiri, berarti ini kampus ketiga yang menggelar kegiatan Pramuka di dalamnya,” ujar Muslich. Dua perguruan tinggi sebelumnya, disebutkan Muslich adalah Unsika dan UBP.

“Alhamdulillah. Semoga hal ini bisa menjadikan STIT Rakeyan Santang menjadi lebih kedepan lagi bagi mencetak generasi bangsa yang kompeten. Sebab gerakan Pramuka, memang menjanjikan hal itu,” pungkas Muslich. (dea)

Susunan Pengurus Majelis Pembimbing Gudep STIT Rakeyan Santang 3022-2025:
Ketua: Hendar, SE, S.AP, MH, MM; Waka I: Dr. Candra Mohammad Surya, MT; Waka II: Dede Sugandi, SE, MM, CA, CPA; Ketua Harian: Yudi Wahyu Yudiana, MPd; Sekretaris: Topan Sopyan, SE, SPd.
Anggota: Saepudin, SE, SPd; Irena Laras, S.Kom, SPd; Devi Sulaeman, SPd, MPd; Ade Ismail Fahmi, SAg, MPd; Fina Febriyani Musyadad, MPd; Diah Widyawati, SS, MPd.