KARAWANG, Spirit – SMK Taruna Karya 2 Karawang terus memperlihatkan kepeduliannya kepada generasi bangsa dalam hal pendidikan. Sekolah yang berlamat di Jalan Tampomas No.2B, Karang Indah, Karangpawitan, Karawang Barat ini rutin menggulirkan program beasiswa bagi siswa kurang mampu dalam masa penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Kepala SMK Taruna Karya 2, Ana Sugiana, melalui Wakasek, Topan Setiabudi, mengatakan, program PPDB beasiswa digulirkan sekolahnya sejak tahun pelajaran 2018-2019. Beasiswa yang diberikan dalam bentuk bebas biaya SPP 100 persen dan 50 persen.

“Tahun pelajaran 2020-2021 ini akan menjadi tahun ketiga program beasiswa berjalan. Semoga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh anak-anak Karawang kurang mampu yang ingin tetap melanjutkan pendidikan ke SMK Taruna Karya 2,” ujar Topan, Minggu (14/6/2020).

Program beasiswa 100 persen, jelas Topan, berlaku untuk siswa yang akan masuk ke jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ).

“Sementara beasiswa 50 persen berlaku bagi siswa yang masuk ke jurusan teknik kendaran ringan (TKR) dan teknik bisnis sepeda motor (TBSM),” jelasnya.

Bagi siswa yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut, lanjut Topan, bisa melakukan pendaftaran PPDB secara online dengan masuk ke laman http://ppdbsmktk2krw.wordpress.com/. Nantinya siswa tinggal mengisi formulir pendaftaran termasuk memilih jurusan dan kartu jaminan sosial yang dimiliki (KIP, KPPKH, surat keterangan desa) sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa.

“Untuk memastikan siswa yang mendaftar tersebut layak atau tidak mendapatkan beasiswa, sekolah kami juga akan melakukan survei dengan mendatangi langsung rumah orang tua siswa,” ucapnya.

Selain PPDB beasiswa, Topan menambahkan, SMK Taruna Karya 2 juga membuka pendaftaran PPDB bagi siswa yang masuk melalui jalur reguler.

“Pendaftaran reguler bisa dilakukan dengan datang langsung ke sekolah kami. PPDB beasiswa maupun reguler kami buka mulai Mei hingga Agustus mendatang,” kata ketua panitia PPDB SMK Taruna Karya 2 ini.

Untuk diketahui, selain memiliki 3 jurusan dan gedung sekolah sendiri, SMK Taruna Karya 2 dilengkapi fasilitas seperti ruang praktik otomotif, laboratorium komputer, ruang praktik sepeda motor, ruang praktik bengkel, sarana olahraga, perpustakaan, masjid dan lainnya. (epn/dea)