CILAMAYA KULON, Spirit



Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar SMP/MTs tahun ajaran 2017-2018 juga dilaksanakan oleh lembaga pendidikan non formal.

Sebanyak 41 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat kompak menyelenggarakan UNBK Paket B, UNBK adalah sebuah sistem ujian nasional dan dalam pelaksanaannya menggunakan media komputer.


“UNBK diikuti seluruh warga belajar yang telah mengikuti proses pembelajaran selama tiga tahun. UNBK berbeda dari Paper Based Test atau sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yang saat ini dipandang kurang efektif dan efisien karena tidak kompatibel dengan perkembangan zaman,” ungkap Ketua Forum PKBM Karawang, Heru Saleh.SPd, Jumat (4/5) di Cilamaya Kulon.

Dia mengatakan, PKBM merupakan satu-satunya lembaga pendidikan non formal di Kabupaten Karawang yang menyelenggarakan seratus persen UNBK paket B, ironisnya pendidikan formal tingkat SMP saja masih menggunakan sistem UNKP.

”Dalam pelaksanaannya masih numpang disekolah formal. Sudah kami siapkan sejak awal, untuk membuktikan bahwa lembaga pendidikan non formal juga mampu bersaing dengan pendidikan formal.” katanya.

Menurut dia, PKBM adalah lembaga pendidikan nonformal yang berani menyelenggarakan UNBK Paket B dan Paket C  dikarawang. Ini bukti keseriusan mendukung pemerintah dalam meningkatkan derajat pendidikan masyarakat, dan ini berpengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Karena itu, Pemkab bersama dengan masyarakat dan lembaga pendidikan non formal besinergi mewujudkan program Karawang Cerdas, yaitu masyarakat karawang yang meningkat harkat dan martabatnya melalui peningkatan pendidikan.

Pemerintah Kabupaten dituntut lebih serius lagi mengelola pendidikan dengan mengeluarkan regulasi, dan juga sanksi tegas agar gerakan pendidikan makin bergelora dalam masyarakat. Selain itu, perlu adanya bantuan sarana penunjang UNBK seperti pengadaan komputer dan lainnya.

”Kami selaku pengelola pendidikan non formal secara konsisten mendukung gerakan Karawang Cerdas yang dicanangkan Pemkab. Kami berharap agar program tersebut terus digelorakan pada seluruh elemen masyarakat agar semangat belajar masyarakat berangsur naik.” pungkasnya. (wan)