KARAWANG, Spirit – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pendidikan kesetaraan Paket C (setara SMA/SMK) di Kabupaten Karawang digelar secara online. Pendaftaran dimulai bersamaan dengan PPDB SMA/SMK pada 8 Juni 2020.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikpora Karawang, Sitti Imas Massitoh, melalui Kasi Dikmas, Kosim Taryana, mengatakan, terdapat 48 PKBM (Pusat Kegiatan belajar Masyarakat) di Karawang dan seluruhnya menggelar PPDB Paket C secara online.

“Setiap PKBM membuat laman PPDB secara mandiri. Jadi nantinya masyarakat yang berniat masuk Paket C bisa melakukan pendaftaran secara online. Selain itu pendaftaran juga  bisa dilakukan dengan datang langsung ke PKBM tujuan jika masyarakat merasa kesulitan mendaftar secara online, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kosim, Rabu (10/6/2020).

Dalam PPDB Paket C di Karawang, Kosim menjelaskan, pendaftaran calon warga belajar dibagi tiga tahap.

“Tahap pertama dan kedua berbarengan dengan PPDB SMA/SMK. Yaitu  8-12 Juni untuk tahap pertama dan 25 Juni hingga 1 Juli tahap kedua. Sedangkan tahap ketiga digelar pada 20-23 Juli,” ucapnya.

Hanya saja, lanjut Kosim, berbeda dari PPDB SMA/SMK yang menyediakan jalur dalam setiap tahapnya. Tiga tahap PPDB Paket C hanya diperuntukan untuk mengakomodir warga belajar yang ingin langsung belajar melalui pendidikan kesetaraan Paket  C di PKBM yang ada di Karawang.

“Jadi nantinya calon warga belajar yang belum masuk di tahap pertama bisa melakukan pendaftaran di tahap kedua maupun di tahap ketiga,” tuturnya.

Kosim menambahkan, bagi masyarakat Karawang yang ingin melanjutkan pendidikan melalui Paket C tak perlu khawatir kesulitan mencari PKBM. Pasalnya, 48 PKBM yang ada di Karawang tersebar di 27 kecamatan.

“Hanya tiga kecamatan di Karawang yang belum terdapat PKBM yaitu Kutawaluya, Ciampel dan Pedes,” katanya. (epn/dea)